Jumat, 11 Maret 2016

Kangen Keponakan Ganang






Suatu hari, kurang lebih satu tahun yang lalu ketika simbah kakung mengajak para cucunya untuk melihat penampakan Kota Jakarta yang pertama kalinya. Waktu itu keponakan ganang masih berumur tiga tahun-an

Dari ke-lima cucu Simbah, anak Pakdhe dan Budhe yang terakhir kebetulan lahir cowok. Sekarang sudah umur empat tahun sejak tanggal 27 Januari kemarin, namanya Arfa (Muhammad Arfa Asrori). Karena waktu sekolah SMP dan SMA  saya tinggal satu rumah dengannya, jadi meskipun keponakan layaknya adhik saya sendiri. 

Mulai dari lahir hingga umur satu tahun, saya sempat ikut membantu momong Budhe dan Pkdhe, seperti membuatkan susu, memberi makan, menemani ketika ditinggal pergi, memandikan, ahhh … sampai gantikan popoknya, pokoknya selama saya bisa melakukannya, saya kerjakan, sebagai rasa terima kasih kepada mereka sudah ngopeni  saya dengan baik selama saya ikut dengan mereka. 

Dhek. Eka adalah panggilan yang biasa ditujukan kepada saya, meskipun saya jauh lebih tua tapi ia adalah anak dari kakak Ibu Saya, jadi ya begitulah panggilan yang dibiasakan … Karena cukup lama saya momong keponakan ganang, akhirnya ia sayang  dengan saya begitu juga sebaliknya. Kalau pulang kampung dari tempat kuliah, ada yang kurang kalau belum menginap di rumahnya, setelah itu baru meluncur ke kampung halaman. Biasannya, ia lengket, sering mau ikut jika saya pergi, kadang harus dilipur dulu biar tidak menangis melihat saya pergi. 

Kehadiran Arfa, membuat keluarga Simbah jadi seru dan ramai. Anaknya yang lucu, gendut, comel dan gokil juga, membuat kami sering jail dengannya. Ia sangat cepat ketika menirukan sesuatu, misalnya diajari kata-kata apa, melihat gerakan apa atau diputarkan lagu anak-anak, ia cepat tanggap menirukan dan menghafalnya. … kalau kami sekeluarga sedang berkumpul, ia akan beraksi sendiri di hadapan kami, entah itu menyanyi atau apalah, rupanya ia lagi mencari perhatian agar semua tatapan mata kami tertuju padanya. Tingkahnya  selalu bikin gemes … 

Sekarang, ia sepertinya sudah makin cerewet saja. Katanya juga sudah mau sekolah TPA dan sekolah PAUD  1. Wahh jadi penasaran saja Dhek. Eka.... 




Thailand, 12.03.2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...