Minggu, 13 Maret 2016

Nikmatnya Cha Khiaw, Racikan Teh Hijau Khas Thailand



Cha khiaw yang saya beli dikedai sekitar sekolah beberapa hari yang lalu.


Cha khiaw adalah salah satu jenis teh khas Thailand yang rasannya sangat nikmat, tidak seperti rasa teh yang biasa saya minum di rumah, memang ada sesuatu yang spesial. Rasa spesial dari teh ini karena cara membuatnya yang tidak semudah membuat teh biasanya, tinggal tambahkan gula lalu diseduh dengan air panas. Tapi, ada tambahan susu kental manis dan es batu yang menjadikan rasa cha khiaw menjadi nikmat. Aroma teh yang kuat dipadu dengan manisnya susu dan diminum dalam keadaan dingin menjadikan teh Thailand punya rasa yang khas.
 
Awal-awal dulu saya tidak tahu jika yang biasa diminum oleh kebanyakan orang disini “teh”, saya kira jus atau minuman jenis lainnya, baru akhir-akhir ini saya mengenalnya dan berkenalan dengan cha khiaw” yang akhirnya saya ingin lagi dan lagi menegak teh ini ketika dahaga melanda. 

Sesuai dengan namanya “cha khiaw”, dalam Bahasa Indonesia “teh hijau”, cha yang berarti “teh”, sedangkan khiaw berarti hijau. 

Sangat mudah menjumapai para penjual cha khiaw, karena memang minuman yang satu ini menjadi minuman yang ramai diburu oleh masyarakat sini. Jika naik kereta api atau pergi ke suatu tempat tertentu, maka banyak kita jumpai pedagang yang menawarkan minuman ini. Rasanya yang nikmat dengan harga yang terjangkau membuatnya memiliki daya tarik tersendiri. Harga cha khiaw antara 10 baht samoai 25 baht, tergantung porsinya.

Ketika membeli cha khiaw, kita tidak perlu menunggu lama karena penjual sudah siap dengan bahan-bahannya, tinggal meraciknya. Rebusan teh hijau sudah siap. Katanya, agar teh bisa beraroma kuat, serbuk teh terlebih dahulu direbus atau diseduh dengan air panas lalu didiamkan selama beberapa menit. Biasanya sebelum menaruh di cup, diracik dulu digelas. Gelas diberi racikan gula, susu kental, lalu rebusan teh yang sudah siap, disaring dan ditambahkan dalam gelas tersebut. Biasanya saringan yang sering digunakan adalah saringan kain, bukan saringan plastik, katanya biar tidak ada dauh teh yang ikut terseduh. Setelah semua racikan siap, baru diseduh dengan air hangat. Sebelum dimasukkan ke dalam cup, terlebih dahulu cup diberi es batu hingga penuh. Setelah selesai, baru racikan teh bisa dituangkan ke dalam cup dan cha khiaw pun siap disajikan.

Sepertinya teh hijau khas Thailand ini sangat cocok dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk oleh-oleh nantinya. ^_^ 

Penampakan serbuk cha khiaw dalam kemasam


Thailand, 13.03.2016

4 komentar:

  1. Kayaknya produk instannya bakal menjadi oleh2 pulang ke Tulugagung ya..... hehehe

    BalasHapus
  2. Kelihatannya enak
    Dan segar. Sayangnya kok jauh ya mbak. Kalau cedhak bakalan takburu dewe sambil nyari bahan tulisan hehe

    BalasHapus
  3. http://reretaipan88.blogspot.com/2018/07/asiataipan-taipanqq-taipanbiru-6-benda.html

    Taipanbiru
    TAIPANBIRU . COM | QQTAIPAN .NET | ASIATAIPAN . COM |
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda ! Segera Daftarkan User ID terbaik nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
    BandarQ
    AduQ
    Capsasusun
    Domino99
    Poker
    BandarPoker
    Sakong
    Bandar66

    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : E314EED5

    Daftar taipanqq

    Taipanqq

    taipanqq.com

    Agen BandarQ

    Kartu Online

    Taipan1945

    Judi Online

    AgenSakong

    BalasHapus

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...