Jumat, 11 Maret 2016

Sapi tak Berkandang




Tepat berada di belakang asrama sekolah, ada ladang berumput yang cukup luas. Biasannya seorang penggembala dengan sapi peliharaannya di tempat itu. Setiap hari saya melihatnya, penggembala yang menghabiskan waktunya disitu. Sapi peliharaanya bisa memakan rerumputan di ladang tersebut dengan puas. Uniknya, Si penggembala sapi tak membawa sapinya pulang ke rumah, dibiarkan disitu saja. Sepertinya tidak disediakan kandang di rumah. 
Dengan adanya ladang rumput tersebut, si pemilik hewan ternak tak perlu repot-repot memikul rumput dari ladang ke rumahnya. Berbeda sekali dengan orang-orang yang punya hewan ternak di tempat saya. Contoh kecilnya Bapak saya yang punya ternak kambing di rumah, ia bahkan tidak pernah menggembala kambingnya di luar. Jadi, Bapak harus memikul rumput dari sawah atau ladang untuk kambing-kambingnya di kandang. 

Selain di belakang asrama, juga masih banyak hamparan padang rumput lainya yang membentang hijau alami, dan saya sering menjumpainya. Tak jarang di tempat-tempat tersebut, hewan ternak seperti sapi, kambing, kerbau di biarkan begitu saja. Uniknya lagi, masih banyak juga burung bangau putih, serta burung jalak yang bersinggah di punggung kerbau atau sapi yang digembala di situ. Setiap kali melihat suasana begitu, selalu muncul romantika tersendiri … he he he, kaya jaman era berapa gitu


Dengan busana ala koboi, sepatu boat, memakai celana panjang, bersarung dibawah lutut, pakai kaos oblong dan dilapisi baju panjang tidak berkancing,  lalu memakai topi koboi, terlihat begitu telaten menggembala sapinya. Dalam gambar diatas adalah suasana yang tampak ketika seorang penggembala sedang bersama ketiga sapi peliharaanya yang berada tepat di belakang asrama.

Sudah lama tidak turun hujan, jadi ladang berumput tidak sehijau dari biasannya. Namun, jika dilihat dari dekat, masih ada rumput-rumput yang tumbuh disitu. Karena gambar saya ambil lewat lantai atas, jadi tidak terlalu terlihat rumput hijaunya.
Diambil dari catatan facebbok
Thailand, 08.03.2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...