Minggu, 06 Maret 2016

Selamat Kerjakan Laporan!!



Kegiatan belajar-mengajar sebagai tugas pokok selama KPL telah berakhir dua minggu yang lalu. Kemudian, dilanjut satu minggu kemarin pelaksanaan ujian akhir. Oh…berarti sudah merdeka dong he he. Sebulan kedepan memang sudah bebas dari tugas pokok, namun semua guru tetap masuk seperti biasa untuk mengerjakan sesuatu yang harus diselesaikan, seperti mengoreksi hasil ujian siswa, merekap nilai, merapikan berkas-berkas, dll. 


Ada tugas tersendiri yang harus saya selesaikan di waktu yang tersisa ini, yaitu bahu membahu menyelesaikan laporan KPL, di samping saya mengerjakan tugas yang diberikan sekolah selama sebulan kedepan. Katanya sich akan ada tugas baru yang diberikan sekolah buat saya di waktu yang tersisa ini.


Laporan KPL menjadi laporan pertanggung jawaban selama pelaksanaan program ini. Laporan dibuat menjadi dua bagian, yaitu laporan kegiatan PPL atau seputar kegiatan pembelajaran dan laporan kegiatan KKN atau seputar kegiatan diluar jam mengajar, seperti kegiatan yang diadakan di asrama sekolah, kegiatan bimbingan, dan program-program yang lain yang di buat selama ini. Masing-masing tersebut harus dibeberkan secara jelas dalam bentuk laporan dengan mengikuti sistematika penulisan yang telah di tentukan.


Selama ini yang baru saya buat masih berupa lampiran, dalam bentuk jurnal harian dengan menuliskan setiap aktivitas yang kami lakukan per harinya. Selain itu, lampiran berupa RPP, yang saya buat setiap menjelang kegiatan mengajar. Sementara untuk isi pokok dari laporan belum sama sekali. 


Sebagaimana laporan pada umumnya, bahwa di dalamnya ada beberapa bab yang masing-masing memiliki pembahasan tersendiri, sesuai dengan format yang telah di tentukan. Kemudian, diakhir disusul dengan beberapa jenis lampiran.


Itulah kiranya rencana selanjutnya yang harus segera saya selesaikan, mengerjakan laporan KPL sesuai dengan sistematika yang telah ditentukan. AYO KERJA … Slogan ini sepertinya bisa menjadi solusi penyemangat untuk segera merampungkan laporan KPL ini. Bismillah



 Selamat Kerjakan Laporan!!

Thailand, 06.03.2016


2 komentar:

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...