Sabtu, 06 Februari 2016

Tahun Berbeda di Thai Calendar




Bermula dari waktu membubuhkan tanggal pada tanda tangan di buku siswa sebagai pertanda bahwa mereka telah mengerjakan tugas yang saya berikan. 

Waktu itu saya masih belum tahu sama sekali bagaimana dengan kalender Thailand, jadi saya menuliskan tanggal, bulan, dan tahunnya sesuai penanggalan Masehi sebagaimana biasannya. Ketika saya membubuhkan tanggal tersebut. ada beberapa siswa yang memberitahu saya bahwa kalender-nya tidak sama, lalu mereka memberitahu saya dan meminta untuk menggantinya. Dengan penuh penasaran dan sedikit aneh karena baru saja tahu, saya bersedia menggantinya. Yang harus diganti adalah Tahunnya saja, sementara tanggal dan bulan sama. Kok bisa ya? Ah..ikutin saja.

Begitulah kalender Thailand, di mana tanggalnya sama dengan tanggal tahun Masehi tetapi dengan tahun yang berbeda. Misalnya hari ini adalah tanggal 01 Januari 2016, maka di kalender Thai akan tertulis 01 Januari 2559. Berawal dari situ, setiap membubuhkan tanggal di buku siswa, saya memakai kalender versi Thai meskpun harus pikir-pikir dulu.

Sebenarnya saya masih melihat penulisan tanggal di Thailand yang memakai versi Masehi, misalnya tidak sengaja melihat tanggal yang tertera di Pamplet atau brosur di jalan-jalan. Ketika tahun baru kemarin, kata-kata ucapan selamat tahun baru di tempat-tempat tertentu juga cukup banyak saya lihat yang memakai tahun  2016, semisal “Happy New Year 2016”, meskipun banyak juga yang menggunakan tahun Thai “2559”. 

Iseng saja, pingin tahu bagaimana bisa hanya Tahunnya saja yang berbeda antara kalender Masehi dan Kalender Thai, selisih 543 tahun, saya-pun mencari-cari info mengenai hal ini. Setelah saya membaca dari beberapa artikel di internet, saya akhirnya menemukan sedikit informasi yang saya tangkap mengenai kalender Thai tersebut.  

Menurut informasi yang saya dapat bahwa penetapan tahun yang digunakan oleh masyarakat Thailand adalah berdasarkan tahun di mana Buddha wafat. Karena mayoritas masyarakat Thailand penganut Budha, maka pemerintah Thailand menetapkan tahun wafatnya Buddha sebagai panutan awal dimulainya tahun untuk kalender Thai.

Secara umum, kalender Thai sama dengan kalender Masehi, di mana awal tahun baru jatuh setiap 1 Januari, namun jumlah tahun saja yang berbeda, lebih cepat 543 tahun. Jumlah hari dan bulan sama seperti jumlah hari dan bulan pada kalender Masehi. Sytem penanggalan yang ada di negara Thailand seperti ini memakai versi penanggalan Budha, yang bernama Thai Lunar Calendar atau Budhist Era Calendar. 

 

Karena yang sering dipakai oleh masyarakat Thailand adalah kalender yang versi Thai, maka masyarakat sini lebih familiar dengan kalender mereka  dibandingkan dengan penanggalan Masehi. Mulut saya yang sudah terbiasa menyebutkan tahun dengan dua ribu sekian ...., menjadi sedikit bingung ketika harus menuliskan atau mengucapkan tahun dengan versi Thai. Untung tanggalnya masih sama dengan tanggal di kalender Masehi, jadi tidak bikin begitu pusing . Untungnya lagi, kalender yang diberikan dari sekolah pada Bulan Januari lalu ditulis dengan dua versi, tahun Thai dan tahun Masehi, jadi tak bikin bingung lagi.


Berarti kalau hari ini tanggal, 06 Februari 2016 (Masehi), kalau pakai kalender versi Thai bagaimana?, tinggal menambahkan saja 543 pada tahun Masehi, jadi hari ini tanggal, 06 Februari 2559 (Thai Calendar).

Kalendar meja versi Thai dan Masehi

Thailand, 06-02-2016



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...