Minggu, 21 Februari 2016

Bu. Zulfa dengan Resep Awet Muda-nya




Seperti biasa, beliau merupakan salah seorang dosen di kampusku yang selalu menulis postingan sarat inspirasi di dinding facebooknya. Setiap postingan yang beliau buat selalu memberikan teladan yang sarat makna kepada pembaca. Cerita atas kejadian atau pengalaman yang pernah beliau alami dalam kesehariannya yang seringkali dituliskan. Lebih sering beliau menulis tentang permasalahan keluarga yang tengah dicurhatkan oleh seseorang kepada beliau dengan penyelesaian yang sangat bijak. Pantas saja, karena beliau adalah pengampu bidang Ilmu Hukum Keluarga. Setiap permasalahan yang diadukan kepada beliau, selalu ada solusi yang begitu menggetarkan hati. Selain tentang permasalahan keluarga yang beliau tuliskan, Bu. Zulfa juga sering menulis tentang kehidupannya sendiri yang tak kalah menarik yang juga sarat dengan inspirasi dan keteladanan.


Seperti halnya tulisan yang baru saja beliau posting kemarin, dengan judul “Tampak Awet Muda Vs Cepat Tua” yang menarik perhatian saya. Apa sebenarnya yang beliau tuliskan dari judul tersebut? Ternyata, beliau menceritakan tentang kejadian yang baru saja beliau alami di Toko Sepatu. Di tempat tersebut, Bu. Zulfa bertemu dengan temannya yang kebetulan juga ingin membeli sepatu. Permasalahan berawal ketika pelayan sepatu menyapa Bu. Zulfa dengan sebutan “Mbk”, sementara ketika menyapa teman Bu. Zulfa dengan “Bu”, padahal umur Bu. Zulfa jauh lebih tua dibanding umur temanya tersebut. Ada rasa kesal dan gemes terhadap pelayan tersebut setelah teman Bu. Zulfa dikatakan oleh pelayan toko seperti itu. Padahal, ia telah rajin melakukan perawatan dengan merek berkelas.


Ia sakit hati dengan kejadian tersebut. Apalagi setiap ia bersama Bu. Zulfa, banyak orang menganggap ia lebih tua darinya padahal malah sebaliknya. Setelah selesai ke toko sepatu, mereka pergi ke warung mie untuk makan mie disana dan melanjutkan obrolan terkait kejadian itu. Apa sesungguhnya yang digunakan beliau sehingga tampat awet muda, produk apa yang tengah digunakan?


“Ini bukan soal produk, tapi soal hati. Kamu terlalu banyak marah-marah. Siapa saja dimarahin, ada yang salah sedikit saja kamu marahin, ada yang kamu nggak cocok sedikit saja kamu heboh emosional. Itu bikin muka menakutkan, karena terlalu sering maka jadi terlihat cepat tua”…begitulah cuplikan jawaban yang beliau lontarkan ketika temannya menanyakan terkait hal itu.


Beliau sudah hafal watak temannya tersebut yang sering marah-marah, sedikit-sedikit marak, gampang emosional, baik dengan rekannya, keluarga, bahkan juga sering meluapkan rasa marahnya di FB. Sebab itulah yang menjadikan mukannya terlihat tua, karena terbawa dengan sifat amarahnya meskipun ia tengah menggunakan merek perawatan yang berkelas. 


Saran yang beliau berikan kepada temannya adalah dengan membiasakan diri untuk berdamai dengan hati. Menyikapi segala permasalahan dengan hati yang damai, sehingga amarah bisa tertahankan. Selain dengan menjaga hati untuk selalu bahagia dengan syukur atas segala nikmat yang diterimannya, juga ada resep sehat alami yang beliau tawarkan. Beliau penggemar buah dan sayur, keduannya memiliki manfa’at yang luar biasa, baik kesehatan luar maupun dalam. 


“Aku memang penggemar buah dan sayur. Tiap hari wajib makan buah dan sayur. Jika buah-buahan sedang mahal seperti saat musim hujan ini, aku menyiasatinya dengan beli yang murah tapi banyak gizinya, seperti tomat, wortel, jambu merah atau pisang. Jus wortel dibubuhi madu tidak kalah enak dibanding jus alpokat atau buah naga yang mahal. Buah yang mahal seperti anggur atau kiwi cukup beli sekali dalam sebulan.” Itulah resep sehat yang beliau ikuti. 


Bu. Zulfa juga memberikan nasehat kepada temannya tersebut bahwa daripada uang sekian banyak hanya dibuat untuk membeli perawatan dengan merek berkelas, lebih baik digunakan untuk membeli buah dan sayur bisa bermanfa’at untuk diri sendiri dan juga keluarga, serta bisa menyehatkan luar dalam.


Meksipun banyak orang yang memiliki perawatan tubuh dengan cara yang macam-macam, tapi beliau lebih memilih cara yang murah, praktis, sekaligus menyehatkan  ini, yaitu mengkonsumsi sayur dan buah secara rutin, sesekali juga dengan melakukan perawatan dengan bahan alami tersebut, seperti dibuat masker, cuci muka, dll. Menariknya lagi, beliau selalu bisa menjaga hatinya untuk selalu berdamai dalam menghadapi situasi apapun, bahagia dengan mensyukuri setiap nikmat yang diterima. Itulah cara termudah yang beliau terapkan. Soal tampak awet muda atau cepat tua itu wallohu a’lam. Terobsesi untuk tampil awet muda juga tidak boleh kata beliau, bisa-bisa itu malah membuat  cepat tua, karena hati selalu gelisah atas nikmat yang telah Allah berikan. Setuju sekali …^__^


Source: Catatan FB Bu. Zulfa pada tanggal 20 Februari 2016 dengan judul "TAMPAK AWET MUDA vs CEPAT TUA"


Thailand, 22.02.2016


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...