Sabtu, 20 Februari 2016

Air Tak Tubek



“Air tak tubek”  begitulah orang Melayu Pattani menyebut “air tidak keluar”. Entah apa penyebabnya, mulai dua hari yang lalu air asrama macet, tidak keluar. Selama saya disini belum pernah mengalami gangguan pada air, sehingga semua kegiatan yang berhubungan dengan air, seperti mandi, mencuci, berwudhu, dll tidak terganggu. 


Ketika air tak tubek, kami yang berada di lantai atas harus turun ke lantai bawah untuk melakukan kegiatan yang berhubungan dengan air. Kebetulan dibawah ada dua kamar yang kamar mandi yang bisa dipakai dan juga beberapa pancuran air yang berada di luar (biasannya untuk berwudhu para murid ketika sekolah masuk), kami semua dengan jumlah yang lumayan banyak berebut kamar mandi yang ada itu.


Air tak tubek membuat kami harus mengantri untuk bisa menggunakan air. Ketika hari masuk sekolah kemarin, yaitu Hari Jum’at saya begitu was-was, takut kalau sampai tidak mandi. Ada kebiasaan orang disini yang cukup menguntungkan ketika harus mengantri begini, yaitu mandi dengan menggunakan kemben.  Biasannya kalau air ada, mereka lebih memilih mandi di pancuran dengan menengadahkan air di temba daripada di ruang kamar mandi yang berpintu. Saat seperti ini mereka enak saja mandi bersama-sama pakai kemben, jadi tidak terlalu mengantri. Sedangkan saya yang tidak biasa seperti itu, harus mengalah dan mengambil jatah ketika yang bersama-sama sudah selesai. Untung, meskipun waktunya mepet, Hari Jum’at kemarin saya masih nuntut untuk mandi dan berangkat ke sekolah tidak terlambat.


Akibat air tak tubek juga membuat kegiatan cuci-mencuci saya tertunda. Seharusnya dengan air besar, saya bisa menikmati cuci-mencuci baju, tapi saat ini harus di tunda dulu. Menanti air bisa keluar lagi.


Sebenarnya kemarin sore pihak asrama sudah meminta sesorang untuk memperbaiki aliran airnya. Setelah dilihat, ternyata berkaitan dengan listrik yang terhubung ke sanyo yang rusak, sehingga sanyonya mati tidak bisa mengalirkan air ke tandon. Saya lihat Bapak itu sudah dua kali mendatangi tenpat aliran listrik yang rusak, kemarin malam dan tadi pagi, tapi belum berhasil, air belum juga tubek. Tadi malam, barusan juga datang beberapa tukang listrik untuk memperbaiki aliran listrik yang rusak, saya melihat ketika mereka mau berangkat ke Masjid untuk Sholat Maghrib. Dalam hati, air akan segera keluar. Setelah pulang dari masjid setelah Sholat ‘Isya, segera saya lihat kran di kamar mandi, masih belum keluar juga airnya. Hmmm,, bakalan repot lagi esuk, karena harus antri …


Pilihan terbaik untuk mensiasati air tak tubek, berarti saya harus menjadi orang yang bangun pertama kali, lalu segera pergi ke kamar mandi. Ketika mereka bangun, saya sudah beres. 


Air …jangan lama tak tubeknya, cepat tubek ya air …hiks hiks


Thailand, 21-02-2016


2 komentar:

  1. waduh repot klo gak ada airrr..eh kok pakai bhs melayu ya istilahnya ...air tak tubek

    BalasHapus
    Balasan
    1. He he, Iya Bund, Bahasa Melayu juga dipakai oleh masyarakat Thaialnd yang tinggal di perbatasan dengan Malaysia, kebetulan ada teman saya disini yang juga orang sana

      Hapus

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...