Sabtu, 27 Februari 2016

Big Cleaning Day



Big cleaning day merupakan hari dimana semua warga sekolah bahu-membahu membersihkan semua area sekolah, dimaksudkan agar lingkungan sekolah menjadi bersih dan sehat. Yups, bersih pangkal sehat kan? Biasannya yang menjadi koordinatornya adalah guru yang bertugas dibagian kesehatan (UKS) itu sendiri.  

Kegiatan tersebut menunjukkan bahwa kepedulian warga sekolah terhadap kebersihan lingkungan sangat tinggi. Lewat kegiatan ini pula, siswa menjadi sadar akan pentingnya kebersihan, sehingga mereka semakin peduli terhadap kebersihan lingkungan sekolah. Kalau di Indo mungkin semacam kerja Bhakti begitu.

Saya tidak tahu persis, kegiatan ini secara rutin dilaksanakan kapan, karena beberapa kali bertemu dengan big cleaning day secara mendadak, misalnya pagi masih mengajar dan kegiatan tersebut dilaksanakan di siang harinya. Yang semula ingin masuk kelas untuk mengajar, ternyata semua siswa persiapan bersih-bersih, sehingga tidak jadi mengajar, akhirnya ikut bergabung bersama mereka untuk bersih-bersih juga.

Dalam kegiatan ini, semua anggota sekolah, siswa dan guru dibagi menjadi beberapa kelompok yang mana setiap kelompok membersihkan area sekolah yang berbeda. Ada yang bertugas membersihkan lapangan sekolah, halaman sekolah, selokan, lingkungan sekitar, dll. Karena dilakukan secara bersama-sama, beberapa jam kemudian sudah selesai. Yang semula kotor, dalam sekejap disulap menjadi lingkungan sekolah menjadi bersih dan udara menjadi segar, kegiatan belajar mengajarpun terasa nyaman. 
 




Foto diatas merupakan partisipasi aktif siswa kegiatan kegiatan big cleaning day berlangsung. Dengan didampingi beberapa guru yang bertugas, mereka tampak semangat dalam membersihkan lingkungan sekolah. 

Keesokan harinya setelah big cleaning day, terutama ketika pagi tiba, saya benar-benar bisa merasakan kedamaian hati karena menyaksikan lingkungan sekolah yang bersih dan segar. Pandangan mata seolah berbinar-binar melihat sekolah di pagi hari tampak bersih dan segar. Cleaning day is one of the great day  that I found in this school.





Thailand, 28.02.2016 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...