“What
would you like?” begitulah bunyi judul dari salah satu bab yang ada di buku
panduan siswa kelas M-2. Dari bab tersebut kami bisa belajar tentang bagaimana
cara memesan menu makanan dan minuman yang baik dan juga apa yang seharusnya
pelayan lakukan ketika ada pelanggan yang datang untuk memesan menu makanan dan
minuman tersebut.
Ada
beberapa poin penting yang dibahas dalam bab ini, satu per satu akhirnya
terselesaikan juga. Butuh waktu empat kali pertemuan untuk membahas materi
tersebut dan pertemuan hari ini menjadi pertemuan yang terakhir. Kami akhiri
pertemuan hari ini dengan manyaksikan unjuk kebolehan siswa kelas M-2/1 untuk
mempresantasikan tugas yang telah saya berikan pada pertemuan sebelumnya. Tugas
ini sekaligus untuk mengetahui sejauh mana mereka memahami materi yang telah
dibahas dalam bab ini.
Minggu
yang lalu saya membagi siswa menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri
dari 5-6 siswa. Tugas mereka adalah membuat percakapan tentang ordering food and drink sebagaimana yang
telah mereka pelajari sebelumnya. Jenis makanan dan minuman sudah ada di dalam
buku panduan beserta hargannya, siswa tinggal mendiskusikan menu yang mereka
pilih lalu mempersiapkan makanan dan minuman yang mewakili menu yang mereka pesan
tersebut untuk dibawa waktu presentasi tiba.
Resto
ala kelas M-2/1 hari ini dibuka. Wahh
…. mereka benar-benar membawa makanan yang sesungguhnya, hu hu jadi terharu,
sampai segitunya mereka. Ketika saya masuk kelas di jam ke-2, semua siswa
terlihat sibuk dengan sendirinya, ada yang mengatur dan mempersiapkan menu
makanannya, menghafal percakapan, mempersiapkan tempat duduk seperti layaknya resto,
dll.
Seperti
biasa, saya buka kelas hari ini dengan salam, menyapa siswa, cek absensi, dan
sedikit basa-basi, he he he. Sebagian
kelompok sudah mengambil posisi masing-masing, tapi ada beberapa kelompok yang
belum menggeser tempat duduknya. Saya meminta mereka untuk duduk bersama
kelompok masing-masing, lalu mempersiapkan menu yang dibawa dihadapannya. Agar
sedikit bernuansa restoran, posisi duduk mereka dibuat melingkar. Begitu juga
dengan posisi meja dan kursi yang dibuat presentasi. Ketika mendapat giliran
presentasi, secara bergantian mereka menempati meja dan kursi tersebut.
Seharusnya saya beri mereka nomor meja; meja satu untuk kelompok satu, meja dua
untuk kelompok dua, dst, tapi sadarnya pas nulis ini, telat dech hiks hiks hiks.
Ketika
semua sudah duduk tenang di kelompok masing-masing, lalu giliran saya
menyampaikan aturan mainnya, memberi tahu beberapa poin yang harus dilakukan
siswa selama presentasi, seperti batas waktu, kriteria penilaian, meminta
mereka untuk memperkenalkan diri telebih dahulu, urutan kelompok yang maju,
dll.
Berikut
akan saya ceritakan beberapa hal yang siswa lakukan ketika mereka memperagakan
percakapan mereka layaknya di sebuah restoran. Inilah resto ala kelas
M-2/1. Check it out …
Masing-masing
kelompok yang mendapat giliran presentasi maju ke tempat yang sudah disiapkan,
disinilah mereka menjukkan kebolehannya menjadi pelayan dan pelanggan restoran
yang baik.
Pertama-tama,
tentunya mereka harus memperkenalkan diri terlebih dahulu sebelum memulai
presentasi.
Selanjutnya, beberapa siswa yang berperan sebagai pelanggan duduk untuk memesan makannya , sementara ada dua pelayan yang siap melayani pesanan mereka. Sebelum memesan makanan, ada juga beberapa kelompok yang berinisiatif untuk foto copy menu yang sudah ada dibuku untuk dijadikan daftar menu. Dibagikannya daftar menu tersebut kepada masing-masing pelanggan yang datang seolah-olah mereka pilih-pilih menu dulu sebelum pesan.
Selanjutnya, beberapa siswa yang berperan sebagai pelanggan duduk untuk memesan makannya , sementara ada dua pelayan yang siap melayani pesanan mereka. Sebelum memesan makanan, ada juga beberapa kelompok yang berinisiatif untuk foto copy menu yang sudah ada dibuku untuk dijadikan daftar menu. Dibagikannya daftar menu tersebut kepada masing-masing pelanggan yang datang seolah-olah mereka pilih-pilih menu dulu sebelum pesan.
Kemudian,
kedua pelayan tersebut menjalankan tugas masing-masing. Pelayan satu tugasnya
adalah bertanya-tanya kepada para pelanggan yang datang sesuai dengan
percakapan yang mereka buat, tentang menu yang mereka pilih, sementara pelayan
dua bertugas mencatat menu apa saja yang dipesan. Lalu diakhir , pelayan dua
membacakan kembali menu-menu yang mereka pesan untuk memastikan kembali bahwa pesanan
mereka sudah fix.
Kedua
pelayan siap meyajikan menu yang dipesan pelanggan. Diambil dari meja mereka
untuk diantarkan ke meja tempat mereka
presentasi.
Setelah
selesai, mereka bisa kembali ke meja kelompok masing-masing, lalu ramai-ramai menyantap
makanan yang telah mereka bawa (eh …makanan yang telah mereka pesan) sambil
ngobrol santai layaknya mereka sedang menikmati menu makanan di sebuah restoran
yang sebenarnya. Uhuuyyyy ….
Seru bisa makan2
BalasHapus