Selasa, 23 Februari 2016

Kelas Hari ini: Resto Ala M-2/1



“What would you like?” begitulah bunyi judul dari salah satu bab yang ada di buku panduan siswa kelas M-2. Dari bab tersebut kami bisa belajar tentang bagaimana cara memesan menu makanan dan minuman yang baik dan juga apa yang seharusnya pelayan lakukan ketika ada pelanggan yang datang untuk memesan menu makanan dan minuman tersebut.

Ada beberapa poin penting yang dibahas dalam bab ini, satu per satu akhirnya terselesaikan juga. Butuh waktu empat kali pertemuan untuk membahas materi tersebut dan pertemuan hari ini menjadi pertemuan yang terakhir. Kami akhiri pertemuan hari ini dengan manyaksikan unjuk kebolehan siswa kelas M-2/1 untuk mempresantasikan tugas yang telah saya berikan pada pertemuan sebelumnya. Tugas ini sekaligus untuk mengetahui sejauh mana mereka memahami materi yang telah dibahas dalam bab ini.

Minggu yang lalu saya membagi siswa menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari 5-6 siswa. Tugas mereka adalah membuat percakapan tentang ordering food and drink sebagaimana yang telah mereka pelajari sebelumnya. Jenis makanan dan minuman sudah ada di dalam buku panduan beserta hargannya, siswa tinggal mendiskusikan menu yang mereka pilih lalu mempersiapkan makanan dan minuman yang mewakili menu yang mereka pesan tersebut untuk dibawa waktu presentasi tiba. 

Resto ala kelas M-2/1 hari ini dibuka. Wahh …. mereka benar-benar membawa makanan yang sesungguhnya, hu hu jadi terharu, sampai segitunya mereka. Ketika saya masuk kelas di jam ke-2, semua siswa terlihat sibuk dengan sendirinya, ada yang mengatur dan mempersiapkan menu makanannya, menghafal percakapan, mempersiapkan tempat duduk seperti layaknya resto, dll.



Seperti biasa, saya buka kelas hari ini dengan salam, menyapa siswa, cek absensi, dan sedikit basa-basi, he he he. Sebagian kelompok sudah mengambil posisi masing-masing, tapi ada beberapa kelompok yang belum menggeser tempat duduknya. Saya meminta mereka untuk duduk bersama kelompok masing-masing, lalu mempersiapkan menu yang dibawa dihadapannya. Agar sedikit bernuansa restoran, posisi duduk mereka dibuat melingkar. Begitu juga dengan posisi meja dan kursi yang dibuat presentasi. Ketika mendapat giliran presentasi, secara bergantian mereka menempati meja dan kursi tersebut. Seharusnya saya beri mereka nomor meja; meja satu untuk kelompok satu, meja dua untuk kelompok dua, dst, tapi sadarnya pas nulis ini, telat dech hiks hiks hiks. 


Ketika semua sudah duduk tenang di kelompok masing-masing, lalu giliran saya menyampaikan aturan mainnya, memberi tahu beberapa poin yang harus dilakukan siswa selama presentasi, seperti batas waktu, kriteria penilaian, meminta mereka untuk memperkenalkan diri telebih dahulu, urutan kelompok yang maju, dll.
 
Berikut akan saya ceritakan beberapa hal yang siswa lakukan ketika mereka memperagakan percakapan mereka layaknya di sebuah restoran. Inilah resto ala kelas M-2/1.  Check it out … 

Masing-masing kelompok yang mendapat giliran presentasi maju ke tempat yang sudah disiapkan, disinilah mereka menjukkan kebolehannya menjadi pelayan dan pelanggan restoran yang baik.

Pertama-tama, tentunya mereka harus memperkenalkan diri terlebih dahulu sebelum memulai presentasi. 



Selanjutnya, beberapa siswa yang berperan sebagai pelanggan duduk untuk memesan makannya , sementara ada dua pelayan yang siap melayani pesanan mereka. Sebelum memesan makanan, ada juga beberapa kelompok yang berinisiatif untuk foto copy menu yang sudah ada dibuku untuk dijadikan daftar menu. Dibagikannya daftar menu tersebut kepada masing-masing pelanggan yang datang seolah-olah mereka pilih-pilih menu dulu sebelum pesan.
Kemudian, kedua pelayan tersebut menjalankan tugas masing-masing. Pelayan satu tugasnya adalah bertanya-tanya kepada para pelanggan yang datang sesuai dengan percakapan yang mereka buat, tentang menu yang mereka pilih, sementara pelayan dua bertugas mencatat menu apa saja yang dipesan. Lalu diakhir , pelayan dua membacakan kembali menu-menu yang mereka pesan untuk memastikan kembali bahwa pesanan mereka sudah fix. 



Kedua pelayan siap meyajikan menu yang dipesan pelanggan. Diambil dari meja mereka untuk diantarkan ke meja tempat  mereka presentasi. 





Setelah selesai, mereka bisa kembali ke meja kelompok masing-masing, lalu ramai-ramai menyantap makanan yang telah mereka bawa (eh …makanan yang telah mereka pesan) sambil ngobrol santai layaknya mereka sedang menikmati menu makanan di sebuah restoran yang sebenarnya. Uhuuyyyy ….








1 komentar:

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...