Jumat, 26 Februari 2016

Menunggu Hari Pulang


"Ada pertemuan, pasti ada perpisahan." Ya, satu bulan lagi, program KPL kami akan berakhir. Hari ini tepat 37 hari sebelum meninggalkan wilayah masing-masing yang menjadi tempat tinggal kami selama berada di Negeri Gajah Putih, Thailand.


Kurang kebih selama lima bulan, aku telah belajar banyak hal dari bumi tempat tinggalku disini, yaitu Hatyai, Songkhla, Thailand Selatan. Sebentar lagi aku akan pulang, bagaimana perasaanku? Pastinya aku sangat senang karena sebentar lagi aku bisa melepas penyakit rinduku pada keluarga, teman, saudara yang selama ini tertahankan. Aku juga sedikit galau bin mellow karena harus meninggalkan jejak kebaikan orang-orang disini, keramahan mereka, senyuman hangatnya selalu menyapa hari-hariku, dan juga keadaan alamnya yang indah luar biasa. Aku takut rindu dengan itu semua …


Dengan sedikit waktu yang tersisa ini, sebenarnya banyak hal yang masih ingin ku lakukan dengan mereka semua. Setidaknya, saya juga bisa meninggalkan jejak-jejak kebaikan bersama keluarga disini, baik keluarga di sekolah, termasuk para guru dan murid-murid, maupun keluarga di asrama. 


Tidak terasa, kesempatan luar biasa ini hampir berlalu, kucoba hitung tinggal beberapa hari lagi waktu bersihku dengan mereka.


Waktu sekitar lima bulan tinggal di negeri orang yang pertama kalinnya memang berasa sangat lama, karena ada fase-fase tertentu yang harus saya lewati untuk bisa tetap nyaman, senang dan semangat ketika melewati hari demi hari disini. Namun, yang membuat saya sangat bersyukur atas kesempatan ini adalah berjuta pengalaman berharga yang mungkin tidak akan saya dapatkan di tempat lain. 


Aku benar-benar sangat bersyukur diberikan kesempatan hidup selama lima bulan di sini untuk belajar. Sungguh banyak sekali yang dapat saya pelajari. Semoga berkah, Aamiin. 


Thailand, 27-02-2016


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...