Sabtu, 30 Januari 2016

Seledri Thailand Berasa Aneh




Cita rasa masakan menjadi maknyus setelah ditaburi irisan Daun Seledri atau dibuat sayuran dan dimasak bersama bahan masakan yang lain. 

Seledri
Masakan  yang biasanya tidak lepas dari taburan Daun Seledri adalah Soto. Setiap makan dengan menu Soto, saya selalu membubuhkan racikan Seledri dengan jumlah yang cukup banyak daripada racikan yang lain. Menurut saya, Rasa soto menjadi lebih sedap jika ditaburi potongan Daun Seledri yang banyak. Begitu juga masakan yang lain, seperti Sup, Bakso, Dadar Jagung, Pergedil Kentang, dll.

Beberapa waktu yang lalu teman saya di grup WA memperbincangkan rasa Seledri Thailand yang aneh, setelah saya menyimak perbincangan diantara teman-teman, ternyata teman yang lain juga merasakan sama akan rasa Seledri Thailand. 

Setelah menyimak pebincangan tentang Seledri di grup WA kami, pikiran saya langsung tertuju dengan rasa aneh yang setiap kali saya rasakan ketika makan masakan tertentu. Ternyata rasa aneh yang misterius itu berasal dari irisan Daun Seledri. Siapa menyangka Daun Seledri yang biasanya menjadi penyedap masakan yang sangat saya sukai, tetapi ternyata berubah rasa ketika berada di Thailand. 
 
Sebelum saya tahu jika ternyata yang rasa aneh dari taburan daun Seledri, saya selalu bertanya-tanya dalam benak saya, apa yang aneh dari makanan yang saya makan. Padahal makanannya biasa, seperti halnya sup. Karena saat makan taburan Seledri-nya bercampur dengan nasi, lauk,dan sayuran yang lain, jadi sulit untuk mengetahui rasa aneh yang saya rasakan. Apalagi Seledrinya di potong kecil-kecil. Saya pikir memang sengaja ada bumbu khusus khas Thailand yang di taburkan pada masakan-masakan tertentu.


Setelah teman-teman saya juga bilang kalau seledri Thailand rasanya aneh, selanjutnya saya ingin membuktikannya. Ketika ada masakan yang ditaburi dengan potongan seledri, saya ambil Daun Seledrinya saja dan merasakannya. 

Ya, bener, bener, bener….ini rasa yang membuat saya bertannya-tanya ketika makan masakan yang ditaburi dengan irisan Daun Seledri. Rasanya bener-bener berbeda dengan Seledri yang pernah saya rasakan. 

Sekilas kaya apa ya baunya setelah dimakan …. seperti tumbuhan alang-alang, he he he, menyengat banget. Setelah saya ketahui bau yang nyengat itu berasal dari seledri Thailand, jadi mikir dulu kalau mau makan, sebenarnya saya pingin makan masakan itu, tapi kok ada seledrinya. Ah … bodo amat, santap aja, meskipun kadang sambil nyengir-nyengir.



Songkhla, 30-01-2016


2 komentar:

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...