Kamis, 28 Januari 2016

Berusaha Menepati Janji Kecil (ku) pada Mereka



“Students … tomorrow Mrs. Eka will give three pictures about wild animals for you, each student will get three pictures, Chimpanzees, Tiger, and your favorite animal”. 

 Itu lah cuplikan janji kecilku yang sempat saya sampaikan kepada dua kelas yang saya ajar kemarin, M-1/1 dan M-1/2.  Sebenarnya ada lanjutanya yang cukup bertele-tele janji kecil kecil saya itu, karena masih perlu penjelasan lebih lanjut agar apa yang saya sampaikan tersebut bisa diterima oleh siswa, hanya saja saya kalu menuliskan semuanya jadi kemana-mana alias tidak fokus. Sepertinya,  itu sudah bisa mewakili bahan cerita yang akan tuliskan kali ini.

Dua kali pertemuan kami belajar tentang animal, dan hari ini adalah pertemuan ketiga, masih membahas tema yang sama. Dua kali pertemuan saya hanya membahas bacaan yang ada di buku panduan (Sky Book 1, pg: 56). Di halaman tersebut ada dua teks bacaan tentang deskripsi binatang, yaitu Chimpanzees dan Tiger. Di halaman tersebut sudah ada gambar yang cukup mewakili, sehingga saya tidak perlu menyediakan gambar saat menjelaskan kedua binatang itu.

Deskriptive text about Animal on Sky Book 1, pg: 56
Pertemuan pertama, hanya text yang pertama saja yang bisa tersampaikan, tentang Chimpanzees. Menjelaskan isi bacaan yang terlihat hanya sedikit itu ternyata tidak cukup bila disampaikan 5-10 menitaan, satu pertemuan baru kelar. 

Terlebih dahulu saya meminta mereka untuk membaca sekilas bacaan tersebut, sementara saya menuliskan bacaan di papan tulis agar saat menjelaskan bisa lebih mudah. Setelah keduanya selesai, saya memandu siswa untuk membacanya agar mereka bisa mengucapkan dengan benar. Terakhir, membahas isi bacaan bersama-sama dan yang paling akhir adalah meminta mereka untuk menuliskan bacaan tersebut di buku catatan lalu menterjemahkan ke dalam Bahasa Thai. 

Ketika mereka bisa menyalin bacaan ke dalam Bahasa Thai, saya anggap mereka sudah bisa memahami maksudnya. Saya test pemahaman mereka, ketika saya menyebutkan per kalimat atau per kata dalam Bahasa Inggris, siswa segera memberikan responnya dalam Bahasa Thai dengan tanpa melihat buku. Senang, akhirnya mereka bisa memahami teks bacaan deskriptif tentang Chimpanzee dengan baik. 

Cara yang saya lakukan pada pertemuan pertama, saya pakai di pertemuan kedua untuk membahas bacaan yang selanjutnya, tentang Tiger. Poin yang dibahas dari deskripsi gambar kedua mirip dengan yang dibahas pada bacaan sebelumnya, sehingga siswa dipertemuan kedua lebih mudah memahami bacaan tersebut. Janji kecil yang saya tuliskan diatas, saya sampikan diakhir pertemuan kedua kali ini.

Sebenarnya siswa bisa menggambar sendiri kedua binatang itu di samping tulisan mereka (Chimpanzees dan Tiger) tanpa harus membawakan gambar untuk mereka. Tapi, saya ingin melakukan ini, membawakan gambar untuk mereka. 

Saya pikir jika selain ada tulisan dalam buku mereka, juga dicantumkan gambarnya akan lebih menarik. Sedangkan untuk  favorite animal, saya akan membawakan beberapa gambar wild animal untuk mereka, dan memilih salah satu untuk dijadikan  favorite animal. Dari gambar favorite animal tersebut, saya meminta siswa untuk menuliskan deskripsi singkat seperti apa yang telah mereka pelajari sebelumnya. Apa yang harus mereka bawa, yaitu A4 paper, color pencil, dan glue. Saya ingin menempelkan gambar yang mereka pilih di kertas, mereka menuliskan deskripsinya dan di beri warna.

Sesuai apa yang saya janjikan kemarin, bahwa saya hari ini akan membawakan gambar buat mereka, maka tadi malam saya mencari gambar-gambar tersebut dan mengatur sedemikian rupa agar satu lembar bisa memuat cukup banyak gambar, hiks hiks. Saya ingin memberi mereka masing-masing tiga gambar, setiap kelasnya kurang lebih 30 anak, dan ada dua kelas…butuh berapa gambar ya? ahhh banyak ternyata.

Malam baru mencari gambar dan mengaturnya, belum print-nya yang harus menunggu lama jika full color, gunting-gunting, sedangkan aku harus mengajar mereka di jam pertama (09. 00). Aku begitu khawatir jika hari ini saya gagal memenuhi omongan saya kemarin, saya tidak mau jika saya hanya dikira omong kosong. 

Sebisa mungkin saya berusaha agar apa yang sudah saya rencanakan sebelumnya bisa terlaksana. Sudah ada soft file gambar tinggal print. Cukup tidak ya pagi yang tersisa untuk mempersiapkan semua ini…benar-benar khawatir pagi ini.

Setelah apel pagi, masih tersisa waktu sekitar 45 menit, karena waktu tersebut digunakan untuk mengajar mengaji oleh guru yang bertugas sebelum jam belajar dimulai. Jam pertama baru di mulai pukul 09. 00. 

Keinginan saya untuk nge-print di sekolah gagal, karena saya lihat lab komputernya belum buka. Langsung saja saya bergegas pergi ke kedai (penyebutan tempat berjualan makanan, alat tulis, serta barang-barang lain) dekat sekolah. Ini adalah kali pertama saya print di luar, saya begitu kaget saat bertanya harga satu lembar dengan full color, 10 bath atau setara 4.000 rupiah. Awalnya saya ragu untuk melanjutkan, tapi karena saya sangat membutuhkan gambar-gambar tersebut, harganya mahal bukan masalah, yang penting uang saya masih cukup untuk membayarnya (bukannya saya sombong yaaa, he he). 
 
Di awal-awal, hasilnya tdak  bisa maksimal, gambar-nya tidak bisa jelas, beberapa harus di cleaning terlebih dahulu. Semakin dag dig dug jantungku, karena waktu sudah berkurang beberapa menit. Benar ternyata apa yang saya pikirkan sebelumnya, print warna sangat lambat, satu lembar bisa sampai 1 menit lebih. Semakin kencang saja jantung ketidak sabaran saya berdetak, wkwkwk. Pokok bagaimanapun caranya jam 09. 00 harus selesai. 

 Lembar demi lembar akhirnya selesai. Setiap selesai satu lembarnya, saya langsung mengguntingnya sambil menunggu lembaran berikutnya selesai. Saya begitu berterima kasih kepada penjaga toko-nya, karena bersedia membantu potong-potong kan gambar juga (tahu juga jika saya sedang panik he he). Yang penting semua gambar beres, meskipun beberapa hasil guntinganya tidak maksimal, terutama gambar yang saya gunting.

Hasil potongan tidak rapi karena panik ^_^
 
Benar-benar jam 09. 00 tepat selesainya, langsung lariiii, menuju kelas. Siswa sudah siap dengan kertas A4-nya di tangan. Pasti mereka akan kecewa, jika hari ini saya tidak jadi memenuhi janji kecil saya pada mereka.

Dua gambar (Chimpanzees dan Tiger) saya bagikan terlebih dahulu dan meminta mereka untuk menempelnya di samping tulisan yang mereka tulis pada pertemuan sebelumnya. Setelah selesai baru membagikan gambar tentang favorite animal, saya hanya bisa menyediakan empat macam binatang, Gajah, Zebra, Singa, dan Jerapah. Saya tunjukkan gambar tersebut kepada mereka. Saya memilih keempat gambar tersbeut karena menurut saya ada keunikan masing-masing yang menarik untuk di deskripsikan.

Saya tidak langsung memberikan gambar kepada mereka, melainkan harus menjawab pertanyaan saya terlebih dahulu, “What is your favorite animal?”Saya lontarkan pertanyaan tersebut kepada setiap siswa sebelum mereka menerima gambarnya. Siswa harus menjawab pertanyaan saya dengan lengkap, “My favorit animal is …(Tiger/Elephant/Giraffe/Lion),  jika tidak lengkap maka saya meminta mereka untuk mengulanginya sampai benar. Masing-masing dari mereka mendapatkan gambar sesuai dengan pilihannya.

Saatnya mereka bekreasi, menempelkan gambar pada kertas A4 yang mereka bawa, menuliskan deskripsi binatang favoritnya masing-masing, dan menghias pekerjaan mereka sedemikian rupa. Karena mereka sudah belajar dari dua hewan sebelumnya, mereka cukup mudah dalam mendeskripsikan hewan favoritnya.

Melihat mereka asyik dengan hewan favoritnya masing-masing, tidak sadar jika dag dig dug jantung saya dengan sendirinya menghilang. Ada yang masih sibuk menempelkan gambar, memberi hiasan warna-warni, membuat deskripsinya, dan ada juga yang sudah beres.






#Itu ceritaku hari ini ^__^
Songkhla, 28-01-2016







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...