Minggu, 10 Januari 2016

Children's Day: Taking Out to Have Fun


Seperti halnya negara Indonesia yang setiap tanggal 23 Juli diperingati sebagai Hari Anak Nasional, di Thailand Hari Anak juga ikut dimeriahkan. Orang-orang Thailand  menyebut Hari Anak dengan istilah “Wan Dek”; Wan (Hari), Dek (anak). Untuk Hari Anak tahun ini bertepatan jatuh pada Hari Sabtu, 09 Januari 2016. Peringatan Hari Anak di Thailand, selalu jatuh di hari yang sama, yaitu pada Hari Sabtu. Coba kita cermati cuplikan artikel dibawah ini:

Dari artikel tersebut, saya menemukan sesuatu yang menarik berkaitan dengan Children’s Day di Thailand.  Ternyata, kegiatan ini dirayakan pada tanggal yang berbeda setiap tahunnya namun di hari yang sama pada bulan Januari di Minggu ke -2. Berkaitan dengan Kid’s Day  ini, saya sedikit punya cerita, Simak ya ceritanya …

Begitu meriah peringatan Hari Anak disini. Anak-anak mendapatkan berbagai perlakuan yang sangat istimewa di Children’s Day untuk membuat mereka bahagia. Seperti contohnya di sekolah, Sekolah Thayai Wittaya School pada hari Jum’at lusa juga telah merayakan Children’s Day. Perayaan Children’s Day di sekolah tidak untuk semua jenjang, melainkan hanya untuk tingkat anuban (TK) dan Prathom (dasar) saja. Siswa tingkat menengah dan juga guru-guru di tingkat menengah tetap melaksanakan kegiatan pembelajaran seperti biasanya. 

Para siswa, baik Anuban maupun Prathom hari ini tampil lain dari hari bisaanya. Mereka memakai baju muslim dengan dandanan make-up yang cantik di wajahnya. Mereka terlihat begitu riang. Berdasarkan informasi yang saya dapat dari salah seorang guru, bahwa kegiatan untuk mengisi acara ini adalah pentas seni oleh anak-anak, seperti menyanyi, an-nasyid cilik, hafalan surat pendek, dll. Saya tidak bisa meliput dengan jelas kegiatannya seperti apa karena saya harus mengajar di tingkat menengah. 

Kamipun tidak boleh ketinggalan untuk ikut menikmati ramainya suasana di luar saat Hari Anak ini. Tidak salah kan jika kami ikut merasakan kebahagiaan layaknya anak-anak itu, he e e kami kan juga masih anak-anak….

Hari Sabtu kemarin, segerombolan siswa datang ke saya, mereka mengajakku pergi ke suatu tempat. Saya tidak dikasih tahu tujuannya mau kemana, mereka hanya bilang kalau mau jalan saja. Dalam hati, saya begitu senang mendengar tawaranya. Akhirnya saya pun mau diajak pergi bersama mereka. Sesegera  siap-siap, lalu berangkat. Ternyata mereka semua ingin ikut berpartisipasi merayakan kemeriahan peringatan Hari Anak di beberapa tempat, khususnya di Hatyai. 

Di Hat Yai, salah satu tempat yang begitu meriah saat peringatan Hari Anak ini adalah di Central Festival, salah satu central department store di Hat Yai.

Doc. Pribadi
Di setiap sudut mall ini berhiasan balon-balon, bunga-bunga yang ditata sedemikian rupa layaknya berada di dunia fantasi. Beragam bentuk kegiatan dilakukan, mulai dari pameran, perlombaan, permainan, dan juga pemberian makanan/minuman untuk anak-anak secara gratis. 
 
Doc. Pribadi
Dari lantai dasar hingga lantai atas terlihat penuh sesak  dengan pengunjung yang ingin menyaksikan panggung kid’s day yang ada di lantai bawah. 

Doc. Pribadi
 Di panggung tersebut diisi dengan berbagai unjuk kebolehan yang ditampilkan oleh anak-anak yang imut, lucu, dan menggemaskan. Everybody is happy here.

Meskipun Central Festival merupakan shopping centre diantara kami tidak ada yang berbelanja. Harga barang-barang disini yang sangat mahal kami enggan untuk membelinya, he e . Sebelum pulang kami hanya pergi ke lantai 4 untuk mencicipi menu yang tersedia. Kami membeli foodcard seharga 100 bath untuk bisa menimati makanan yang ada. Setelah selesai menuaikan sholat Dhuhur dan sekitar pukul 13. 00 kami baru keluar. 
 
Sebelum keluar tidak lupa eksis dulu,, he e tapi ma'af kayaknya saya kura fokus

Perjalananan dilanjutkan ke salah satu pantai yang cukup terkenal di Hat Yai, yaitu Samila Beach. Hampir satu jam perjalanan kami menuju pantai. 

Doc. Pribadi

Selain orang tua yang memilih mengajak anak-anak menyaksikan perayaan children’s day di Central Festival, ternyata banyak juga yang lebih memilih mengajak anaknya ke pergi ke Pantai. Cara-cara sederhana yang dilakukan dipantai yang membuat anak-anak senang, seperti halnya menyantap makanan bersama di pantai bersama keluarga, berenang di pantai, dll. 

Doc. Pribadi
Disini kamipun menyantap makanan bersama-sama. Kami membeli makanan sesuai dengan selera masing-masing, lalu makan bersama-sama sambil menikmati deru ombak pantai dan indahnya hamparan pasir putih di pantai ini. 

Doc. Pribadi
Setelah puas menikmati indahnya Samila Beach, kami menuju ke Mobil dan melanjutkan perjalanan kembali. Karena waktu sudah sore, kali ini adalah tempat terakhir yang kami kunjungi, yaitu Hat Yai Park. 



Doc. Pribadi
Di lokasi ini kami disajikan dengan pemandangan yang begitu asri, bersih, dan tertata dengan sangat rapi. 

Add caption

Sepertinya yang menjadi sasaran banyak anak di tempat ini adalah wahana perahu yang mengitari danau hijau sambil menikmati pemandangan yang eksotis disini.

Doc. Pribadi
 Saya juga tidak tahu persis berapa ongkos untuk naik perahu itu, karena diantara kami tidak ada yang naik. Disini kami hanya berjalan-jalan mengitari taman untuk menikmati keindahan alam disini. 

Itulah sedikit ceritaku special Children’s Day ini. Selamat hari anak di Thailand. Selamat untuk semua anak-anak di mana pun berada. Kalian adalah masa depan untuk dunia yang lebih baik. Happy Children’s Day. ^__^

Songkhla, South Thailand
09-10 Januari 2015

2 komentar:

  1. Di hari anak dan anak2 demikian dimanjakan, mestinya di negeri kita jg bgitu yaa. Gak cuma upacara pas 23 juli

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bunda, disini Hari Anak begitu meriah sekali...banyak aktivitas spesial untuk anak-anak

      Hapus

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...