Sabtu, 30 Januari 2016

Biarkan Mereka Berkreasi Dulu



Membuat Kolase
       Aku rasa mereka tidak lagi konsentrasi dengan penjelasan yang saya sampaikan jika kondisi kelas tidak kondusif seperti ini. Di jam sebelumnnya mereka belajar tentang kolase, melukis dengan menempel biji-bijiaan pada gambar yang mereka buat. Ketika saya masuk ke kelas, suasana kelas tampak kotor karena banyak biji-bijian yang berserakan di lantai, para siswa yang belopotan lem di tangannya, dan banyak dari mereka yang masih asyik menggambar. Meja mereka saat saya masuk penuh dengan bahan-bahan membuat kolase. 

            Hari ini pada jam ke-6 (13. 45 -14. 30) jadwal mengajar saya di kelas P-5/1 atau setara SD kelas 5 dengan mata pelajaran Bahasa Melayu. Dengan kondisi kelas yang tidak memungkinkan untuk menjelaskan materi kepada siswa, hari ini saya hanya meminta siswa untuk membuka sebentar materi yang ajarkan pertemuan sebelumnya (tentang anggota tubuh)  dan membacannya sambil mengingat-ingat dimana posisi masing-masing anggota tubuh.

            Satu per satu siswa saya minta untuk berdiri di depan kelas sambil menunjuk bagian tubuh yang saya sebutkan atau menyebutkan bagian tubuh yang saya tunjuk. Jika ada siswa yang menyebutkan atau menunujuk anggota tubuh kurang tepat saya mengulanginya hingga mereka bisa melakukannya dengan benar. 

Sejenak mereka yang belum mendapat giliran bisa tenang, baca buku catatannya, memperhatikan temannya yang sedang di depan, dan ada juga yang berlatih terlebih dahulu di tempat duduknya sebelum mendapat giliran maju. Sedangkan yang sudah selesai, melanjutkan menggambar lagi, tanpa memeperhatikan temannya yang sedang tampil. 

Setelah semua siswa sudah maju, sebenarnya saya ingin memberikan tugas selanjutnya, tapi karena ada faktor lain yang lebih membuat mereka nyaman dan senang, jadi waktu yang tersisa saya bebaskan untuk mereka. Biarkan mereka berkreasi dulu.

Sambil menunggu jam mengajar selesai, saya memperhatikan apa yang mereka lakukan. Dari kolase yang mereka buat terlihat ada yang sudah selesai, ada yang masih menempel bahan-bahan pada gambar, dan ada juga yang masih proses pembuatan bahan-bahannya.

Seperti yang saya tahu sebelumnya, membuat kolase dari biji-bijian bahan utamanya adalah biji-bijian, seperti kedelai hitam, kacang hijau, kedelai kuning, beras, dll, serta menggunakan lem sebagai bahan perekatnya. Mereka menempelkan bahan tersebut sesuai dengan warna yang pas untuk gambar yang mereka buat, misalnya beras untuk membuat awan putih, kacang hijau untuk menggambar pegunungan dan pepohonan, dll. 



Bahan alami yang mereka pakai

Tidak hanya warna alami saja yang mereka gunakan, tetapi mereka juga memberikan pewarna pada biji-bijian agar variasi warnanya lebih banyak. Mencampurkan biji-bijian kedalam pewarna, dikeringkan, dan jika sudah kering bisa ditempelkan. Yang paling banyak variasi warna yang mereka buat  adalah beras, mungkin bijinya yang sangat mudah menyerap warna.



Beras dengan variasi warna

Ternyata tidak hanya biji-bijian saja yang mereka gunakan, pasir pantai juga bisa menjadi bahan tambahan untuk mempercantik gambar mereka. Bahan pasir juga bisa diberi warna-warni.  Selain itu, ada dari mereka yang memakai pelepah kelapa, ranting pohon, dan kerang. 

Pelepah kelapa, ranting pohon, dan kerang juga bisa dipakai

Salah satu bahan yang belum pernah saya tahu sebelumnya, yaitu parutan kelapa yang dikeringkan. Mereka juga memberikan warna pada parutan kelapa yang sudah kering tersebut.



Parutan kelapa yang sudah kering

Agar bisa menghasilkan gambar yang rapi dan menarik, membuat kolase dengan menempel biji-bijian ini membutuhkan kesabaran dan harus telaten dalam tempel menempel. 

Tempel, tempel, tempel..wah hasilnya bagus lhooo.





Songkhla, 29-01-2015


           

           
           

1 komentar:

  1. Belajar yang menyenangkan mengembangkan kreatifitas. Mantep mbak eka!

    BalasHapus

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...