Rabu, 04 Mei 2016

Menaklukkan Diri dengan Skripsi

            Tantangan terbesar yang saya alami saat mengerjakan skripsi adalah diriku sendiri. Iya, bukan karena faktor yang lain, melainkan berasal dari dalam diri sendiri. Mengerjakan skripsi, semua benar-benar harus mandiri. Aku sendiri yang harus mengatur semuanya, bagaimana aku mengatur waktuku untuk mengerjakan skripsi, kapan aku harus menghadap dosen pembimbing,  seberapa sering harus ke perpustakaan, dll. Ibaratnya, diri inilah yang menjadi pelopor terbesar dalam pengerjakan skripsi. Bukan ibarat lagi sepertinya, namun memang begitulah kenyataanya.

            Ketika duduk di bangku sekolah dasar dan menengah, sekolah masih menetapkan aturan-aturan tertentu, sehingga segala aktivitas akan terkontrol, keegoisan diri ini masih bisa dikendalikan oleh aturan-aturan tersebut.  Contoh kecilnya kalau datang ke sekolah terlambat atau sering bolos, akan mendapat teguran bahkan hukuman. Sehingga ketika ingin datang terlambat atau bolos pikir-pikir dulu, daripada mendapat hukuman, maka lebih baik datang tepat waktu. Kalau tidak mencatat, tidak mengerjakan tugas, tidak ikut upacara, tidak ikut ujian, tidak berpakian rapi, dan sejenisnya, para Bapak-Ibu guru akan segera turun tangan memberikan solusi atas pelanggaran yang siswa hadapi tersebut. Dengan begitu, siswa yang melakukan pelanggaran akan jera dan  siswa akan lebih berhati-hati untuk selalu taat pada aturan sekolah. 

            Berbeda ketika masuk bangku perkuliahan, dimana kemandirian akan teruji secara otomatis. Sistemya sedikit bertolak belakang dengan jaman SD, SMP, maupun SMA, yang cenderung bebas dari segala aturan yang memikat. Tapi, justru ini merupakan sebuah tantangan besar untuk bisa mengatur diri dengan sebaik-baiknya dan  puncaknya adalah saat mengerjakan skripsi. Semuanya harus dikendalikan oleh diri sendiri. Menaklukan diri dari segala ego adalah musuh terberat.

           Haloo mahasiswa semester akhir, kawan seperjuangan .... semangat kerjakan skripsi yaaak!     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...