Minggu, 22 Mei 2016

Belajar Ilmu Kebejoan





 Buku The Power of Bejo

Semua Orang Bisa Bejo....

Sebelum membaca buku “The Power of Bejo”, pasti belum yakin sepenuhnya kalau ternyata nasib bejo bisa didatangkan oleh siapa saja. Bukanya sebuah keberuntungan atau ke-bejo-an hanya bisa dirasakan oleh orang-orang yang kebetulan sedang bejo saja? Memang nasib bejo yang datang secara kebetulan, datang dengan tidak disangka-sangka, membuat banyak dari kita yang menganggap bahwa sumber keberuntungan adalah sebuah keajaiban yang tidak ada sebab musababnya, sehingga tidak semua orang bisa merasakan nasib mujur ini, keberuntungan hanya akan datang pada orang-orang yang kebetulan sedang mendapat hoki saja. 

Lewat buku ini, penulis mencoba memberikan pemahaman kepada kita bahwa nasib bejo adalah sesuatu yang bisa dipelajari, sehingga setiap orang punya kesempatan untuk merasakan sebuah keberuntungan. Nasib bejo bukan lagi semata-mata datang karena ke-bejo-an belaka yang datang secara tidak dinyana-nyana (invisible hand), namun sebenarnya dibalik itu semua telah ada sederet usaha dan kerja keras dari si bejo yang pada akhirnya sebuah keberuntungan pantas diterima. Disinilah letak kekuatan dari Si Bejo, bahkan ia akan mampu mengalahkan orang pintar sekalipun. Pepatah jawa mengatakan "wong pinter kalah karo wong bejo” (Orang pintar Dikalahkan oleh Orang Bejo). 

Menjadi sesuatu yang menarik, karena penulis telah menjabarkan konsep orang bejo secara lengkap di dalam buku ini. Menariknya lagi, disajikannya sederet kisah orang-orang bejo dengan beragam jenis ke–bejo-an yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Lewat kisah tersebut, kita diajak untuk merenungkan bentuk-bentuk keberuntungan yang dialami oleh si pelaku. Penulis juga telah membeberkan sebab-musabab atau faktor datangnya nasib bejo itu; yakni sebagai bukti nyata kalau memang keberuntungan datang tidak terlepas dari sebuah usaha atau proses, tidak asal sapa begitu saja. Makanya bagi kita yang kadang merasa belum bejo, tidak boleh galau dulu menyaksikan ke­-bejo-an seseorang, renungkan baik-baik untuk menyadari bahwa orang-orang yang bejo memang sudah selayaknya mereka menerima keberuntungan itu sebagai buah perjuangan yang telah dilakukannya. 

Adakalanya sebuah keberuntungan memang datang sebagai bentuk hadiah atau reward dari Tuhan bagi orang-orang yang tengah melakukan segala usaha dan do’a di waktu-waktu sebelumnya. Namun karena kadang nasib bejo tidak datang sesaat setelah berusaha dan datang setelah beberapa lama kemudian, si pelaku menjadi lalai akan usaha dan do’a yang telah diperjuangkan. Pada akhirnya ketika keberuntungan datang secara tiba-tiba, dianggapnya itu sebuah ke-bejo-an semata, padahal pada hakekatnya itu merupakan bonus atas perjuangannya sendiri yang telah dilakukan pada masa-masa sebelumnya.

Tuhan tidak akan mengubah nasib suatu kaum jika kaum itu tidak mengubah diri mereka sendiri.” Dalam hal ini Allah telah memberikan kesempatan yang sama kepada setiap umat untuk menggenggam sebuah kesuksesan atau keberuntungan. Untuk menjemput keberuntungan itu, maka kita dianjurkan untuk selalu berusaha dan berdoa. “Seseorang harus berusaha memperjuangkan nasibnya sendiri bila ingin mengubah kehidupannya yang lebih baik. Mustahil seseorang bisa memperbai kehidupannya sendiri kalau dia seratus persen tergantung pada orang lain.” 

Ya, agar keberuntungan yang datang secara tiba-tiba itu tidak sia-sia, penulis memberikan tips ampuh untuk menjadi wong bejo, yaitu kita harus memiliki kesiapan penuh untuk mengeksekusi kesempatan yang datang. “KESIAPAN” + “KESEMPATAN” = “KEBERUNTUNGAN” 

Membaca buku ini sudah tentu seperti dihadapkan pada pakar ke-bejo-an, he he. Wahh, boleh jadi buku ini ditulis karena terlalu seringnya nasib keberuntungan menyapa penulis. Saya kira begitu adanya. Penulis mampu membeberkan konsep orang bejo sejelas-jelasnya di buku ini. Meskipun judul bukunya terkesan serius “The Power of Bejo” namun isi buku ini ditulis dengan gaya bahasa yang sesantai-santainya. Membacanya punya sensasi tersendiri. Coba saja! 

Hope we can be luck people ^_^ 

Buku yang sangat bermanfaat dan memotivasi, itulah ungkapan pribadi sekaligus rasa terima kasih saya kepada penulisnya, Bunda. Octavia Pramono … 

 Tulungagung, 23.05.2016

1 komentar:

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...