Minggu, 07 Juni 2015

Membaca Gratis



         
    Berbeda dengan aktivitas yang saya lakukan pada hari-hari sebelumnya, di hari minggu kemarin saya mencoba menu baru yaitu membaca buku gratis di lesehan baca. Saya sangat senang bisa menyempatkan diri untuk berkunjung ke tempat lesehan baca itu, ini merupakan kali pertama. Lesehan baca ini bertempat di Alun-alun T. Agung. Saya mengetahui informasi ini dari sahabat FB yang setiap hari minggu beliau update tentang kegiatan ini. Saya begitu penasaran seperti apa lesehan baca ini, dan akhirnya rasa penasaranku terbayarkan juga. Lesehan baca ini diadakan setiap hari minggu pagi tapi pelaksanannya berbeda-beda, untuk hari minggu kemarin yang berkesempatan yaitu sahabat literat dari STKIP PGRI T.Agung. Seperti itu informasi yang saya dapat kemarin.

          Lesehan baca, nama yang unik menurut saya, he e. Biasannya kan lesehan untuk menikmati saat kuliner, tapi yang satu ini orang-orang yang lesehan justru menikmati buku-buku. Mereka yang datang mengambil buku yang telah di dasarkan sesuai keinginannya. Yang saya lihat kemarin hanya ada beberapa buku saja yang disediakan, mulai dari level anak-anak hingga dewasa, sehingga pilihan bukunya terbatas. Karena membaca buku di ruang terbuka dan sambil lesehan punya daya tarik tersendiri, keadaan tersebut tidak menyurutkan niat membaca pada para pengunjung yang datang. Membaca buku sambil duduk santai, ditambah tiupan angin sepoi-sepoi, saya kira juga sangat cocok untuk menambah semangat membaca.

        
        
Waktu yang saya habiskan untuk duduk santai sambil membaca buku itu kurang lebih satu jam. Waktu yang tidak sadikit bagi saya membaca buku dalam jangka waktu tersebut, dan sayapun sangat jarang melakukan itu. Tapi kali ini dengan suasana yang berbeda, tidak ada paksaan, dilakukan dengan suka rela, dengan senang hati jadi waktu tersebut tidaklah terasa.

       
            
Pada saat itu, mayoritas banyak anak kecil. Mereka begitu senang menikmati buku-buku bacaan yang di sediakan di lapak itu. Selain membaca, mereka juga banyak yang asyik dengan mewarnai. Selain menyediakan buku bacaan, juga tersedia kertas gambar dan pensil warna, mereka bebas berkreasi. dan hasilnya bisa di bawa pulang.

          Jika kegiatan seperti ini bisa melakukannya secara rutin, sangat bermanfa’at kirannya untuk melatih kebiasaan membaca yang selama ini masih sulit untuk dibangun.

 

In happy writing, have a nice Monday

 

T. Agung, 8-6-2015

 


         
                                               
         
         
         
         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...