Minggu, 21 Juni 2015

Catatan Ramadhan #3: Momentum Meningkatkan Istiqomah



          Bulan ramadhan kirannya akan menjadi momentum yang baik untuk meningkatkan istiqomah. Di bulan ramadhan ini kita diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa sebulan penuh, waktu yang tidak singkat menurut saya. Jika tidak di bulan ramadhan, menjalankan ibadah puasa dengan jangka waktu yang cukup lama ini akan terasa berat. Tapi bulan ramadhan telah membawa nuansa keberkekahan tersendiri sehingga bisa menjalankan ibadah puasa sebulan dengan penuh keikhlasan.
          Dalam kurun waktu sebulan ini juga banyak kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan untuk mengisi hari-hari di bulan ramadhan mubarak ini, mulai dari bangun di awal hari untuk sholat malam dan sahur, menjalankan sholat jama’ah, hingga malam hari yang dengan serempak menjalankan sholat tarawih, tadarus, dan tentunnya masih banyak lagi. Jika kegiatan-kegiatan tersebut bisa dijalankan secara rutin selama sebulan, bisa menjadi kesempatan bagus untuk melatih diri menjadi pribadi yang istiqomah.
          Seperti halnya bangun pagi, di hari-hari biasa bangun di pagi hari ini sangat sulit rasannya. Karena di bulan ramadhan, esok harinya berpuasa dan dianjurkan untuk makan sahur, jadi bangun pagi tak lagi menjadi beban, tapi menjadi sebuah keharusan. Jika selama ini diri kita sulit melaksanakan sholat malam karena sulit untuk bangun pagi, kirannya di bulan ramadhan ini menjadi kesempatan yang baik untuk membiasakannya. Begitu pula dengan kegiatan-kegiatan yang lain, termasuk menulis.
          Sangat berharap jika kegiatan-kegiatan tersebut bisa kita laksanakan secara rutin selama bulan ramadhan ini,  dengan begitu kirannya waktu satu bulan bisa dijadikan training istiqomah. Saat training ini berhasil, maka hari-hari kita belum lengkap atau terasa ada yang kurang jika kegiatan seperti bangun pagi, sholat jama’ah, tadarus, menulis itu kita tinggalkan. Jadi apa yang secara rutin dilaksanakan di bulan ramadhan masih bisa dilakukan terus-menerus di bulan-bulan yang lain. Aamiin

T. Agung, 21-6-2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...