Kamis, 25 Juni 2015

Catatan Ramadhan #6: Berkat Berkebun



Nenek saya sangat suka sekali berkebun. Ia sangat telaten merawat tanaman yang telah ia tanam hingga akhirnya bisa dipanen. Ada banyak tanaman yang sering ia tanam, seperti labu, rempah-rempah, singkong, cabe, pisang, dll.
Di bulan puasa seperti ini ada berkah tersendiri saat tanaman-tanaman yang nenek saya tanam siap untuk di panen. Seperti halnya tanaman labu, singkong, dan pisang, tanaman-tanaman tersebut kiranya sangat penting adannya saat di bulan puasa seperti ini. Jauh harus sebelum puasa sepertinnya sengaja nenek saya menanam tanaman ini, sehingga sampai bulan puasa tiba sudah siap untuk di panen.
Labu yang sudah menua di bariskan rapi di lantai dapur, beberapa tandan pisang juga terjejer rapi di tempat itu. Dan juga terlihat tanaman singkong di pekarangan rumah yang sudah siap panen. Semuannya sudah siap, tinggal mengolahnya.
Hasil panen tersebut begitu memiliki peran penting di bulan puasa ini, apalagi kalau bukan untuk bahan takjil berbuka puasa. Setiap kali puasa ramadhan kolak berisikan labu, singkong, dan pisang menjadi hidangan andalan keluarga saat berbuka. Berkat berkebun yang dilakukan oleh nenek saya, yang akhirnya bisa dijadikan hidangan buka puasa mampu memulihkan kembali stamina tubuh yang lemas setelah seharian berpuasa. 
Terima kasih nenek.

 T. Agung, 26-6-2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...