Senin, 22 Juni 2015

Catatan Ramadhan #4: My Beloved English Lecturer



Catatan ramdhan untuk yang ke empat kalinnya ini mungkin berbeda dengan catatan sebelumnya. Meskipun bukan membahas seputar bulan ramadhan, tapi karena tulisan ini di tulis saat bulan ramadhan, tak ada salahnya untuk memasukkan tulisan ini di kategori catatan ramadhan.
Tiba-tiba terlintas dalam benak saya untuk menuliskan tentang hal ini. Tapi, menurut saya ini penting adannya. Mengingat semester depan saya sudah semester 7, jadi tak lagi setiap hari bertatap muka dengan mereka.  Di semester depan teknis perkuliahannya sudah berbeda, tidak seperti yang semester sebelumnya. Kalau saya sudah lulus, tulisan ini nantinnya mungkin akan menjadi pengingat akan romantika perkuliahan yang telah saya jalani selama beberapa semester itu. Tidak hanya itu, dengan tulisan ini, kirannya saya juga bisa mengenang sosok-sosok hebat yang telah membimbing kami, sehingga ketika saya sudah meninggalkan kampus tercinta ini, saya masih mengenal mereka semua. 

Selama saya belajar di kampus tercinta ini, banyak sekali dosen yang sudah kujumpai. Mulai semester satu hingga semester 6 selalu ada wajah baru yang mewarnai romantika perkuliahan kami. Setiap semesternya pokoknya selalu ada kejutan-kejutan baru. 
Sebagai pelajar, sepertinnya punya guru favorit adalah hal yang wajar. Kehadiran mereka menurut saya sangat penting adannya, selain menjadi motivasi dalam belajar, juga akan lebih menyukai mata kuliah yang diajarkannya. Selain itu, banyak hal yang ingin kita teladani dari mereka semua.

Yang ini adalah Mom. Faiz. Beliau adalah sosok yang disiplin, sabar dan ramah.  Diajar oleh beliau mulai dari semester 3 hingga semester 5. Di semester 3, mata kuliah yang di ajarkan yaitu introduction to linguistics, semester 4 yaitu syntax, dan semester 5 yaitu functional grammar. Ketiga mata kuliah yang beliau ajarkan ini menjadi mata kuliah favorit saya. Saya selalu antusias saat mengikuti kelas beliau. Begitu expert beliau dalam menjelaskan materi-materi yang di ajarkan. 



Menginjak semester 5, saya bertemu dengan mata kuliah CAR/PTK dan statistics. Mata kuliah ini juga jadi mata kuliah favorit di semester 5. Ketika di semester 6 bertemu lagi di dua mata kuliah, yaitu Seminar on Theses Writing dan Discorse Analysis. Kedisiplinan harus benar-benar kita perhatikan saat mengikuti kelas beliau. Tidak boleh ngantuk, duduk harus teratur, harus memperhatikan saat dijelaskan, harus bawa buku, dll. Saya suka ketika beliau menjelaskan  materi, selalu disampaikan dengan sejelas-jelasnya. Saat masih ada yang belum paham, beliau juga dengan telaten mengulang-ngulang penjelasannya. 



Mom. Ida adalah dosen yang juga sangat disiplin, masuk kelas selalu tepat waktu. Bertemu dengan beliau dari semester 5 dan 6 dengan mata kuliah evaluation. Saya sangat senang di ajar mata kuliah ini, selain menurut saya sangat penting natinnya kalau saya sudah jadi guru, he e, juga  karena asyik aja. Beliau sangat telaten dalam memberikan penilaian. Selain itu, Mom. ida juga dosen yang sangat sabar dan juga ramah, dan murah senyum.

Siapa yang tidak kenal dengan dosen yang satu ini. Penampilannya yang selalu cool, good looking dan mudah akrab dengan mahasiswannya membuat banyak mahasiswa yang mengenalnya. Kalau mengajar di kelas juga sangat mengasyikkan, tidak pernah dibuatnya tegang, selalu ada guyonan konyol yang di berikan. Meskipun sering melucu, tapi materi tetap tersampaikan dengan baik, mudah di mengerti dan mudah di cerna.

 
Beliau adalah Mom. Arina. Selain my beloved English lecturer, beliau juga my beloved KAJUR, cantik ya… Dua semester saya bertemu dengan beliau. Mata kuliah yang di ajarkan adalah mata kuliah TEFL. Dengan mata kuliah ini, saya sangat suka, karena dengan mata kuliah ini, jadi punya inovasi baru tentang bagaimana matode yang akan saya gunakan untuk mengajar bahasa inggris kelak. Beliau juga dosen yang sabar dan pintar. Kedisiplinanya dan friendly pada semua muridnya juga membuat saya nyaman ketika di ajar oleh beliau.



Yang ini adalah Mr. Karsono, pakar linguistic di kampus saya, doctor linguistic,,hebat kan. Di semester 5, beliau mengajar mata kuliah SLA dan bertemu lagi di semester 6 dngan mata kuliah yang berbeda, yaitu pragmatics. Saya sangat  antusias ketika mengikuti kelas beliau ini, saat menjelaskan dosen saya yang satu ini mudah untuk dipahami. Selalu dijelaskan dengan sejelas-jelasnya hingga kami semua bisa paham. Ilmu bahasanya beliau sudah sangat mendalam, banyak sekali pengetahuan-pengetahuan tentang bahasa yang beliau sampaikan. Beliau ini juga dosen yang sangat berwibawa.


Beliau adalah dosen yang sangat setia, betapa tidak empat semester berturut-turut mengajar di kelas saya, semester 1 hingga semester 4. Mata kuliah reading menjadi andalannya. Namannya Mom. Rere, nama lengkap beliau yaitu Renita Donasari. Saya sangat suka dengan logatnya bahasa inggris itu, kereen. Beliau cantik, baby face gitu. Saya juga suka dengan cara mengajar beliau, fun and enjoyable. Selalu ada sesuatu yang baru. Beliau sangat disiplin juga, selalu tepat waktu dan jarang sekali absen. Karena seringkali beliau ngajarnya di jam pertama, jadinnya saya kebanyakan terlambatnya, he e. Challenging  pokoknya kuliah dengan beliau ini.

Ini adalah Mom Nany. Dalam mengajar Mom. Nany juga sangat telaten, sabar sekali beliaunnya, tidak pernah marah, dan friendly. Sangat santai ketika di ajar oleh beliau ini, tidak pernah juga di buatnya tegang. Seingat saya ada empat mata kuliah yang berbeda yang beliau ajarkan, yaitu grammar, listening, public, speaking, dan sociolinguistics. 

Saya juga suka saat di ajar oleh beliau ini, Mom. Emy. Pertama kali di ajar beliau adalah semester 2 dengan mata kuliah Grammar. Mata kuliah ini menjadi mata kuliah favorit saya waktu itu. Mom. Emy adalah juga dosen yang sabar dan disiplin. Dalam mengajarnya juga menyenangkan dan asyik. Di semester 5, mata kuliah yang beliau ajarkan juga jadi matkul favorit saya, yaitu English Curricullum and Syillabus Design. Mata kuliah yang berbau pembelajaran seperti ini saya sangat suka.

My beloved English lecturer selanjutnya yaitu Mom. Erna Iftanti. Sayang saya tidak menemukan foto beliau. Tapi karena beliau my beloved lecturer, saya pasti selalu mengingatnya. Pertama kali di ajar beliau yaitu semester 3, dan bertemu lagi di semester 6 ini. Mata kuliah yang beliau ajarkan di semester 6 adalah English Material Development. Begitu kunanti mata kuliah yang satu ini. Sebelumnya sudah pernah dengar mata kuliah ini dari kakak kelas, dan kelihatannya sangat asyik. Asyik juga ternyata….Bahasa inggrisnya Mom. Erna juga keren, saya selalu antusias saat beliau berbicara dengan bahasa Inggris. Dalam mengajar juga sangat sabar, tidak pernah marah. Menyenangkan di ajar beliau ini.

Beliau ini adalah Mr. Basuni. Beliau sangat berwibawa. Selain itu, beliau juga sabar dan calm, sama sekali belum pernah melihat beliau marah. Translation menjadi mata kuliah andalan yang beliau ajarkan, dua semester saya diajar oleh beliau ini. Pengalaman mengikuti mata kuliah beliau sungguh amazing, beliau sangat ahli dalam menyusun bahasa, hampir bahasa yang kami gunakan tidak ada yang benar di mata kulih ini. Bahasa inggris yang beliau pakai juga sangat bagus, saya salut. 

Banyak kan My Beloved English Lecturer. Mereka semua adalah sosok yang membuat romantika perkuliahan sangat terasa. Banyak hal yang bisa saya pelajari dari mereka semua, entah itu dari metodennya mengajar, karakternya, dan masih banyak lagi. Kehadiran mereka mampu membuat motivasi belajar saya tumbuh. Semoga apa yang telah mereka semua berikan kepada kami semua dapat bermanfaat khususnya bagi saya sendiri dan umumnya bagi semuanya. Selain itu, saya berharap juga tidak hanya kenal selama kuliah saja, diluar kampus dan sampai lulus pun mudah-mudahan masih bisa berkomunikasi dengan beliau. Kalau teman-teman dosen favoritnya siapa? 

Nice Writing on Tuesday Morning

T. Agung, 23-6-2015
         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...