Senin, 19 September 2016

Saatnya Belajar “Greeting”, Salam Sapa dalam Bahasa Inggris



Hari ini adalah pertemuan ketigaku bersama siswa di tempat saya mengajar, Platinum English Clinic-Kampung Inggris, Pare. Untuk satu bulan pertama atau satu periode saya diberikan kesempatan untuk mengajar di basic (elementary) speaking class. Materi yang diberikan terlihat sangat gampang, karena memang masih dasar. Sesuai dengan silabus yang diberikan, materi yang diberikan seperti introduction, greeting, spelling words, numbers, telling time, telling daily activities, retelling short stories, dll. 

Namun dalam kesempatan yang berbeda, dimana saya harus menyampaikan materi itu, jadinya tidak lagi gampang.  Segampang apapun, tetap perlu persiapan atau rencana pembelajaran yang matang agar sampai di kelas materi tersebut siap diterima oleh siswa dengan nyaman dan menyenangkan. Tujuan pembelajaran harus jelas, teknis mengajarnya harus terstruktur, activity siswa juga tidak boleh ketinggalan untuk dipersiapkan sebelumnya. Ya, saya harus melakukannya. Apalagi notabene saya yang masih belajar, semua itu harus tercatat jelas agar sampai di kelas tidak speechless

Materi greeting menjadi materi lanjutan dari introduction. Untuk perkenalkan saya lakukan selama dua kali pertemuan; pertemuan pertama untuk introducing yourself. Siswa dihadapan teman-temannya diminta untuk menceritakan tentang dirinya, mulai dari identitas dirinya, keluarga, maupun hal lain tentangnya, bebas bercerita apa saja. Salah tidak masalah. Untuk pertemuan berikutnya adalah introducing friends. Untuk yang ini dilakukan secara berkelompok. Siswa harus mencatat identitas temannya saat memperkenalkan diri, lalu ia ceritakan kepada teman yang lainya dan dilakukan secara bergantian.

Good morning, good afternoon, good day, good evening, good night.” Mungkin  seperti itu gambaran besar salam sapa atau ucapan greeting dalam Bahasa Inggris. Ternyata memang tidak segampang mengartikan bahwa good morning itu selamat pagi, good afternoon itu selamat siang, dst. Namun saya harus mesti tahu seluk beluknya. Mencari informasi selengkap-lengkapnya tentang ungkapan-ungkapan itu. Saya tidak boleh menyepelekan yang sekilas terlihat gampang. Jika dipelajari lebih jauh, banyak hal yang belum saya ketahui dan itu menjadi ilmu baru bagi saya setelah mempelajarinya.

Beberapa daily ekspression yang berhubungan dengan greeting telah saya persiapkan untuk kelas ini. Dibawah ini saya berikan contohnya:

- Apa kabar (How are you? / How’s life? / How is it going?)
- Kabarku baik (I feel great / I am very well)
- Biasa saja (Just so so)
- Saya lagi tidak enak badan (I am not really well)
- Hati-hati di jalan! (Take care on the way!)
- Salam buat temanmu ya! (Say hello to your friend!)
- Saya pergi duluan! (I am leaving!)
- Sampai jumpa disana (See you there)
- Semoga harimu indah (Have a nice day!)
- Semoga perjalananmu lancar (Have a nice trip!)
- Senang bertemu dengamu (Nice to meet you / Very pleased t meet you)
- dll (Mungkin ada siswa yang punya ide untuk menambah ungkapan-ungkapan itu, maka sebelum beranjak ke aktivitas berikutnya, saya akan memberikan kesempatan kepada mereka untuk menambahkan).

Saya juga membuatkan beberapa kartu untuk aktivitas ini. Kertas buffalo warna-warni yang ukuran F4 saya potong menjadi empat bagian. Saya menyediakan sekitar 10 potongan kertas. Saya isi dalam kartu tersebut semacam prolog yang mengharuskan siswa untuk mengekspresikannya menjadi sebuah mini acting, tentunya disertai dialog yang menyertakan ungkapan-ungkapan greeting yang telah mereka pelajari sebelumnya.  Siswa bebas mau membikin percakapannya bagaimana. Terakhir, dipresentasikan.


Bismillah, semoga hari ini berjalan lancar ^_^

Pare/Kediri, 20-09-2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...