Selasa, 27 September 2016

Ada Kenangan yang Tersisa





 Kenangan itu Sejarah

Kami tengah mengenalnya beberapa bulan yang lalu. Ia yang mengirim pesan lewat inbox lebih dahulu. Ia adalah salah seorang mahasiswa Bukittinggi yang kebetulan mendapat tugas di sekolah yang sama dengan saya pada program PPL Terpadi di Thailand untuk angkatan ini, yaitu di sekolah Thayai. Rupanya ia tengah diberitahu oleh teman saya seangkatan yang juga dari Bukittinggi kalau temanya di tempatkan disitu juga, itulah saya. Lalu teman saya memberitahukan akun FB-ku. 

Pada akhirnya kami saling bertanya-tanya. Meskipun belum bertemu, chatting kami sangat akrab, mulai dari saling mengenalkan diri hingga saling bercerita. Pada saat ia bertanya tentang pengalaman saya tinggal disana, sungguh saya merasakan seperti masih ada bekas cerita tertinggal disana. Rindu itu sudah pasti.

Ketika teman saya itu upload kegiatan atau foto disana, tidak jarang saya memberikan jempol dan memberikan komentar. Pada saat ia upload foto bersama para guru atau murid disana, dalam hati saya berkata “itukan mereka yang pernah beberapa waktu yang lalu saya jumpai” atau ketika ia upload foto pergi ke suatu tempat, dalam hati saya berkata “itukan dulu tempat yang pernah saya singgahi”, dll. Pokoknya kenangan itu serasa bangkit kembali. 

Dan ini tulisan ini muncul karena baru saja teman saya memposting foto di suatu tempat yang waktu itu pernah saya singgahi. Saya diajak kesana tepat menjelang sebelum pulang ke Indonesia. Ia-pun begitu. Kurang beberapa hari lagi teman saya juga akan pulang dan diajaklah kesana sebelum ia kembali ke Indonesia. Wahhh adegannya kok bisa sama ya, bikin baper saja. KSWW, yang katanya orang jawa kelingan seng wes-wes.

Yang membikin saya terkenang juga karena teman-teman, khusunya mahasiswa sastra yang dari UM sering menceritakan pengalamnnya lewat redaksi harian surya. Entah sudah berapa cerita yang telah mereka tulis dan kesemuanya benar-benar apa yang saya rasakan, saya alami, saya lihat waktu disana. Membaca cerita mereka, sungguh sungguh membekaskan cerita lama. Dalam hati terkadang juga terbesit keinginan untuk bisa datang kesana lagi. 

Pare, 27 September 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...