Rabu, 01 Juli 2015

Catatan Ramadhan #11: Ramadhan Bulan Pelatihan



            Dalam buku yang berjudul life excellence (menuju  hidup lebih baik) di jelaskan bahwa ramadhan adalah bulan pelatihan atau training, sehingga orang yang telah berhasil dalam training ramadhan ini tidak bisa di ukur pada saat di bulan ramadhan-nya, tapi dilihat pada sebelas bulan setelah bulan ramadhan.
            Hal ini dianalogikan dengan sebuah hadist dimana “orang yang berpuasa sebulan penuh di bulan ramadhan dan menghidupkan malam-malamnya dengan tarawihkarena iman dan taqwa, maka akan di hapuskandosa-dosannya yang telah lalu sehingga ia bagai bayi yang baru dilahirkan dari perut ibunnya”.Hadist tersebut menunjukkan bahwa jika kita berhasil dalam mejalankan ibadah puasa di bulan, maka status kita seperti halnya bayi yang baru dilahirkan, yaitu dalam keadaan fitrah atau suci. Belum punya kesalahan dan tidak punya dosa. Alangkah bahagiannya jika kita bisa menjalankan ibadah-ibadah di bulan ramadhan ini dan bisa berhasil. 
 
             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...