Senin, 18 April 2016

Skripsian, Ongkos Ngeprint Jadi Perhitungan



Pejuang skripsi yang tidak punya printer sendiri memang cukup membikin risau, karena harus ngeprint di rental yang harganya jauh menguras uang saku lebih dalam dibandingkan dengan punya printer sendiri. 

Pernah saya punya printer, tapi hanya waktu-waktu tertentu saja memakainya, akibatnya seringkali error (katanya kalau printer tidak sering dipakai malah tidak bagus). Berkali-kali sudah saya bawa ke tempat servis. Setiap setelah diperbaiki, normal, namun tak lama kemudian error lagi, yang akhirnya rusak total.
Kalau memiliki printer sendiri lebih irit sepertinya, karena kadang biaya ngeprint satu kali bisa sebanding dengan harga kertas satu rim yang mana bisa buat ngeprint revisian hingga berkali-kali kan, belum lagi kalau harus beberapa kali ke rental. Ha ha, sampai segitunya ...


Meskipun yang mendapat revisi hanya lembar tertentu, namun tidak bisa hanya di print yang lembar itu saja, karena sampai lembar belakang otomatis akan ikut berubah jika ada yang harus ditambahkan dalam perbaikannya. Uhh, kayaknya yang nulis ini lagi menjadi korban revisi skripsi, he he.


Teman satu kamar kos saya kebetulan semua semester akhir, jadi kami bernasib sama, yang setiap kali ingin berbuat sesuatu yang berhubungan dengan ongkos (uang) merasa keberatan karena esuknya uang tersebut bisa buat ngeprint revisian lagi, “mendingan digawe ngeprint”. 


Inisiatif yang kami lakukan agar biaya ngeprint tidak terlalu menguras saku, setiap pergi ke rental dengan membawa kertas sendiri. Kadang juga nebeng kepada teman-teman terdekat yang sudah tajir masalah ngeprint kerena mereka punya printer sendiri di rumahnya, tak jarang mereka memberikan separo harga, bahkan juga diberi gratis. Yang penting jangan terlalu sering ya, ha ha.
 

Meperhitungkan ongkos ngeprint memang bukan sebuah persoalan saat skripsi, meskipun bisa membuat uang saku terkuras dalam-dalam, karena memang itulah yang harus dilakukan. Nikmati saja …


Tulungagung, 18.04.2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...