Sabtu, 16 April 2016

English Camp Day #5



Selama pelaksanaan English Camp, saya selalu bangun tepat waktu dan berangkat tepat waktu juga, terlebih di hari terakhir ini. Jam 08. 00 sudah dandan rapi dan siap meluncur ke sekolah. Apalagi Mr. Peter memberitahu saya kalau hari ini diminta untuk berangkat lebih awal dari jadwal yang telah di tentukan, agar waktu untuk persiapannya lebih panjang.
 
Setahu saya di hari terakhir ini akan hadir orang tua peserta English Camp ke sekolah untuk menyaksikan penampilan para putra-putrinya. Sebatas itu saja. Ternyata antara tekhnis yang saya pikirkan dengan kondisi hari  ini berbeda. Karena saya lebih fokus ke mengajar, jadi tidak kepikiran untuk menanyakan tekhnis pelaksanaan di hari terakhir ini secara detail.

Ternyata orang tua tidak hadir di pagi hari, namun siang hari selepas waktu Dhuhur. Senang sekali mendengar kabar ini, karena pagi hari kami masih bisa mempersiapkan mereka untuk tampil dengan maksimal di siang harinya. 

Aktivitas pagi masih seperti biasannya, yaitu pemanasan selama beberapa menit kedepan yang dipandu langsung oleh Mr. Peter. Setelah selesai, perwakilan dari masing-masing grup maju ke depan untuk mengambil undian yang dibuat oleh Mr. Peter. Ada tiga jenis di dalamnya, drama class, song class, dan reading class. Jika grup tersebut mendapatkan drama class, maka mereka masuk di kelas tersebut, dan seterusnya.  Di hari ini, tutor tidak lagi mengajar sesuai dengan kelasnya, namun menghandle kesemuannya. Baik drama class, song class, dan reading class bertugas melatih ketiga-tigannya. 
 
Dalam kesempatan ini, saya bersama partner mengajar saya mendapat grup B, yang semula kami menilai grup ini masih kurang, tidak seperti dua grup yang lainnya. Sempat pesimis sebelumnya, namun diwaktu yang tersisa ini kami berusaha untuk melatih dan melatih. Hilangkan rasa pesimis … optimis bahwa mereka pasti bisa!

Yang menjadi tutor di masing-masing kelas tesebut juga diberi tugas untuk mengatur semua jalannya penampilan, mulai dari awal hingga akhir. Setelah memperkenalkan diri, dilanjutkan dengan dengan drama, atau mennyanyi, dll.
Saya pikir juga semua penampilan akan tampi di big stage, ternyata mereka tampil di kelas dengan disaksikan oleh orang tuannya. 

Selain kami bertugas mengkoordinir semua jalannya penampilan, kami juga berupaya untuk mengatur panggung kelas, dimana posisi duduk orang tua yang menyaksikan, panggungnya menghadap kemana, dll.

Tutor yang mengajar di kelas seni bergabung di kelas kami, sehingga bisa ikut membantu mengkondisikannya, seperti membantu penataan panggung kelas, mengatur pemasangan backdrop untuk penampilan drama, dan masih banyak lagi.
Sebelum orang tua mereka datang di siang hari, kami ada cukup waktu untuk mempersiapkan penampilan mereka, di pagi hari dan siang hari sebelum orang tua datang. Siang hari sebelum orang tua mereka datang adalah waktu terakhir buat mereka latihan. Mereka tampil layaknya sudah berada dihadapan orang tua, karena memang ada beberapa guru yang menyaksikan saat mereka latihan.

Untuk kelompok ini, komentar mereka bagus. Semua telah mampu memainkan peran masing-masing, kedua narator juga kompak dalam membawakan ceritanya. Karena sering diulang-ulang, narator hingga bisa menghafalnya menghafalnya dengan baik, begitu juga dengan pemain yang lain.

Yang semula kami cukup was-was dengan penampilan mereka, bahkan di hari terakhir ini ada yang bilang bahwa kelompok ini jauh lebih bagus.

Pagi hari sudah terlewati …

Setelah ISHOMA, semua kembali lagi menuju sekolah, mengerjakan tugasnya masing-masing. Kami yang bertugas mengkoordinir grup B beserta panggung kelasnya mulai sibuk dengan merapikan kembali kursi yang dibuat untuk duduk para orang tua, mengechek sound system, merapikan backdrop, memberikan pengarahan kepada para siswa (secara personal, dari hati ke hati), dll. Siswa juga diminta untuk berlatih yang terakhir kalinya sebelum orang tuannya datang.

Sekitar pukul 13. 30, satu per satu orang tua sudah mulai berdatangan. mereka tidak langsung diminta menuju ruang kelas, namun berkumpul terlebih dahulu di aula untuk adakan pengarahan dan sambutan dari pihak yang bertugas. 

Siswa mendapat panggilan untuk keluar kelas menuju aula. Mereke diminta untuk menjemput orang tuannya dan mengajaknya menuju ke ruang dimana mereka akan tampil. Setelah semua siap, panggung sandiwarapun dimulai. 

Drama menjadi penampilan pertama, lalu disusul dengan menyanyika beberapa lagu yang telah mereka pelajari dan permainan-pemainan. Kurang lebih satu jam waktu penampilan mereka. Kuperhatikan para orang tua sangat antusias menyaksikan penampilan putra-putrinya. Sampai ada yang mengabadikan dengan video dari awal hingga penampilan terakhir.

Setelah semua penampilan selesai, semua baik siswa, orang tua, maupun guru diminta ke aula sekolah untuk melakukan pertemuan. Serangkaian kegiatan penutupan dilakukan disana. Semula aula tersebut dipakai untuk penampilan salah satu dari grup English Camp yang kemudian digunakan untuk acara penutupan.

Sebelum kegiatan  berakhir, para siswa dan orang tua diminta mengisi kuisioner untuk mengetahui pendapat mereka tentang program ini. Di acara penutupan perwakilan orang tua dan siswa dari masing-masing sekoah diminta untuk maju ke depan membacakan tanggapannya akan program English Camp. Banyak tanggapan positif yang mereka berikan akan pogram ini. 

 Sambutan-sambutan untuk menutup acara ini juga diberikan, diantaranya sambutan dari perwakilan masing-masing sekolah dan Mr. peter sendiri. Di akhir acara, semua peserta diberikan penghargaan berupa sertifikat partisipan atas kegiatan ini yang diberikan langsung oleh Mr. Peter dan kepala sekolah, lalu disusul dengan do’a. 

Syukurlah, rangkaian kegiatan English Camp yang beralangsung selama beberapa hari berjalan dengan lancar. Semoga kegiatan ini bisa memberikan manfa’at kepada semuannya, khususnya untuk diri saya sendiri.

 Ketika acara penutupan, semua orang tua siswa berkumpul di aula

 Penampakan panggung sandiwara "the very hungry caterpillar"...backdrop yang terlihat adalah hasil karya siswa melalui kelas seni

 Siswa menampilkan clapping game di acara penutupan sebagai penampilan terakhirnya di kegiatan ini

 Penyerahan piagam pernghargaan kepada semua partisipan

Foto bersama panitia penyelenggara dan tutor yang mengisi kelas English Club

 Bersama peserta dan seluruh crew English Camp
Catatan tentang English Camp Day #4 yang telah terlaksana pada tanggal 02 April 2016.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...