Jumat, 15 Juli 2016

Sehat Laptopku, Selesai Skripsiku



 Sehat Laptopku

Selama prosesi mengerjakan skripsi, syukurlah tidak ada kerusakan yang berarti pada laptopku. Pernah beberapa kali mendapat cerita dari teman-teman bahwa laptopnya ada yang ngadat tiba-tiba saat di tengah mengerjakan skripsi dan yang lebih horor lagi pernah diceritakan salah seorang kakak tingkat saya terpaksa ujian skripsinya ditunda, karena waktu pengumpulan sudah mepet, laptopnya hang. Seketika itu juga, semua data skripsinya hilang, sementara sebelumnya data-datanya tidak di back up di lain tempat.

 Ada juga dua teman saya, kebetulan satu kos, yang di tengah proses pengerjakan skripsi laptopnya kecolongan, kalau tidak salah pada bulan Januari lalu. Namun karena ada teman baik hati meminjamkan laptopnya, segera saja mereka kerjakan dan bisa selesai. Bahkan mereka lebih dulu selesai. Saya sungguh tidak bisa membayangkan, kalau nasib laptop saya seperti mereka. Lagi-lagi, bersyukur sekali laptop saya masih sehat selalu.

Saya termasuk orang yang tidak telaten melakukan ini itu pada laptop, kadang ada teman yang sedikit-sedikit di upgrade, windowsnya diganti yang terbaru, diberi software macam-macam, dll. Selama masih okey dipakai untuk mengetik dan internet, saya kira masih baik-baik saja. Baru kalau ada apa-apanya, saya bawa ke tempat service untuk diperbaiki. Biasanya hanya instal ulang windows ori saja, itupun saya lakukan beberapa bulan sekali. 

Selama mengerjakan skripsi, data selalu membuat khawatir. Takut tidak tersimpan, takut hilang, takut tidak bisa dipindah, takut tidak bisa dibuka, dll. Saya bahkan sampai mem-back up file ke laptop dan falshdisk teman-teman, karena takut sewaktu-waktu terjadi apa-apa. Setiap selesai mengerjakan, saya juga selalu menyimpan ulang (save as) karena biar file yang dulu tetap ada dan saya punya file yang barunya.

 Entah beresiko atau tidak, saya juga hanya menekan tombol sleep, setelah setiap selesai mengerjakan. Saya takut kalau waktu mau mengerjakan, laptopnya tidak bisa hidup lagi, whahaha, skenario yang terlalu. Kalau di sleep kan, waktu dihidupkan kembali, saya tidak perlu mencari dan buka-buka file lagi. 

Pernah sekali laptop saya ngadat selama mengerjakan skripsi, apalagi hari itu juga mau diprint dan sudah terlanjur janjian saya dosen pembimbing untuk dikonsultasikan di hari yang sama. Enak-enaknya mengetik, langsung saja mati tiba-tiba. Panik bukan main, takut dimarahi dospem saya. Kalau ternyata tidak bisa print hari itu juga dan tidak bisa menemui dospem, dikirain saya PHP saja. Kedua, takut datanya tidak tersimpan, padahal sudah cukup banyak yang saya kerjakan, namun belum sempat saya pindah ke flashdisk. Sampai nangis-nangis segala …

Ditunggu berjam-jam tidak juga kembali seperti semula lagi. Panik, bagaimana dengan janjian saya hari itu dengan dosen pembimbing saya, padahal saya yang mengajak ketemuan. Masak saya tiba-tiba membatalkan begitu saja. Karena waktu sudah melewati jam kesepakatan, akhirnya saya memberanikan diri ngomong jujur kalau memang lagi ada masalah dengan data saya. Syukurlah, beliau mema’afkan. Lega, namun belum lega sepenuhnya, karena belum tahu data saya bakalan tersimpan atau tidak. Beberap jam kemudian, laptop saya kembali pulih lagi. Segera saya buka Miss. Wordnya dan Alhamdulillah sudah tersimpan otomatis. 

Sepertinya itu saja, yang ingin saya ceritakan tentang laptop saya selama pengerjaan skripsi. Intinya, sebelum apa-apa terjadi dengan laptop saya, terutama data-data di dalamnya, back-up file penting dilakukan, entah itu dengan cari disimpan ulang, datanya dipindah di external hardisk, filenya di copy di flashdisk, dll.

Panggul-Trenggalek, 15-07-2016

1 komentar:

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...