Frog Family |
Green Leaves in The Water |
Setiap hari
Selasa jadwal mengajar saya adalah di Prathom atau setara SD, dengan mata
pelajaran Bahasa Inggris. Saya diminta
untuk mengajar B. Inggris di kelas 1.
Saya bertatap muka dengan mereka sudah beberapa kali pertemuan, dan hari ini
adalah yang kesekian kalinya.
Pengarahan
yang diberikan oleh guru Bahasa Inggris
saat saya akan mengajar, bahwa untuk kelas 1, mereka masih belajar B.
Inggris lewat lagu, kartu gambar (flashcard), atau dengan meminta mereka menggambar, selebihnya mereka masih kesulitan
untuk memahaminya.
Saya
sebenarnya bingung saat Guru. Bahasa Inggris waktu itu bilang seperti itu
kepada saya. Lagu apa yang harus saya berikan? terus gambar-gambar apa saya
harus saya berikan kepada mereka juga. Akhirnya selama dua kali pertemuan saya
meminta izin untuk melihat terlebih dahulu bagaimana Guru Bahasa inggris disini
menyampaikan materinya.
Setelah saya
mengamati, akhirnya bisa tahu juga, dan berikut ini garis besar teknik yang
beliau gunakan saat mengajar. Lagu diputar siswa menirukan, sesekali mereka
mengekspresikan gerakan yang ada dalam lagu tersebut. Sesekali guru menunjukkan
gambar yang sesuai dengan lagu tersebut. Setelah selesai, guru meminta siswa
untuk melihat activity book, siswa mengerjakan sesuai dengan apa yang diperintahkan
oleh guru. Setiap pelajaran berakhir buku tersebut dikumpulkan kepada guru
untuk dikoreksi hasil pekerjaanya.
Oh…begitu
caranya mengajar, sudah cukup lega dan saya merasa lebih lega lagi karena
sebelum saya mulai mengajar mereka, Mrs. Robi’ah (guru Bahasa Inggris)
menyerahkan Lesson Procedure, satu paket lagu untuk mengajar mereka, flashcard
dan activity book untuk saya mengajar.
Ternyata itu sudah satu paket, jadi antara Lesson Procedure, lagu,
flashcard dan activity book saling berkaitan. Setiap bab selalu ada lagu,
flashcard, dan activity yang harus di kerjakan siswa. Alhamdulillah, jadi saya
tidak perlu bingung lagi, dan juga repot-repot untuk membuat RPP dari awal
lagi, menyiapkan media, dll. Dengan begini, saya tinggal memahami perangkat pembelajaran yang diberikan dan
mengembangkannya jika perlu.
Beberapa
kali pertemuan mengajar mereka masih mendapatkan satu unit saja dan hari ini
mereka akan bertemu dengan materi baru. Akhir-akhir ini siswa banyak yang malas
ketika saya ajar, tidak seperti awal-awal dulu, begitu semangat dan selalu
memperhatikan. Aku baru sadar, jika saya hanya membahas hal yang sama di
beberapa kali pertemuan, mungkin mereka sudah bosan (lagu dan gambar kok hanya
itu-itu saja). Saya tidak berniat untuk membuatnya bosan, tapi ingin membuat
mereka bisa ingat, bahkan ingat di luar kepala tentang apa yang saya sampaikan.
Saya jamin
dengan materi baru yang saya berikan hari ini, semangat mereka bisa kembali
lagi. Tidak hanya siswa saja yang senang untuk menyampaikan materi baru, saya
sebenarnya juga senang. He e.
Kalau
pembahasan sebelumnya mengenai emotions (happy, sad, surprise, & angry),
dengan lagu If You’re happy dan flashcard bergamabar monster feeling, untuk
kali ini saya berharap akan lebih menarik lagi. Tidak hanya lagu dan gambar
saja, tetapi hari ini saya juga ingin memeberikan cerita kepada mereka (telling
the story). Ceritanya tentang Frog Family (Father frog, mother frog, brother
frog, sister frog, and baby frog).
Tadi malam
saya sudah membuat media sederhana untuk menyampaikan materi hari ini, berupa
puppet dan gambar untuk mendukung cerita dan tak lupa juga untuk memahami
ceritanya. Untuk flashcard materi ini kebetulan hanya ada satu saja, jadi
gambarnya harus buat sendiri. Meskipun dengen media sangat sederhana dan acak
adul, semoga materi untuk hari ini bisa tersampaikan dengan baik.
Sipp
BalasHapusTerima kasih banyak Mbk. Ulfa😊
Hapus