Senin, 21 Desember 2015

Sensasi Mengajar di SD (1) : Media Sederhana untuk Hari Ini


Frog Family


Green Leaves in The Water
Setiap hari Selasa jadwal mengajar saya adalah di Prathom atau setara SD, dengan mata pelajaran Bahasa Inggris. Saya  diminta untuk mengajar  B. Inggris di kelas 1. Saya bertatap muka dengan mereka sudah beberapa kali pertemuan, dan hari ini adalah yang kesekian kalinya. 

Pengarahan yang diberikan oleh guru Bahasa Inggris  saat saya akan mengajar, bahwa untuk kelas 1, mereka masih belajar B. Inggris lewat lagu, kartu gambar (flashcard), atau dengan meminta mereka  menggambar, selebihnya mereka masih kesulitan untuk memahaminya.

Saya sebenarnya bingung saat Guru. Bahasa Inggris waktu itu bilang seperti itu kepada saya. Lagu apa yang harus saya berikan? terus gambar-gambar apa saya harus saya berikan kepada mereka juga. Akhirnya selama dua kali pertemuan saya meminta izin untuk melihat terlebih dahulu bagaimana Guru Bahasa inggris disini menyampaikan materinya. 

Setelah saya mengamati, akhirnya bisa tahu juga, dan berikut ini garis besar teknik yang beliau gunakan saat mengajar. Lagu diputar siswa menirukan, sesekali mereka mengekspresikan gerakan yang ada dalam lagu tersebut. Sesekali guru menunjukkan gambar yang sesuai dengan lagu tersebut. Setelah selesai, guru meminta siswa untuk melihat activity book, siswa mengerjakan sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh guru. Setiap pelajaran berakhir buku tersebut dikumpulkan kepada guru untuk dikoreksi hasil pekerjaanya.

Oh…begitu caranya mengajar, sudah cukup lega dan saya merasa lebih lega lagi karena sebelum saya mulai mengajar mereka, Mrs. Robi’ah (guru Bahasa Inggris) menyerahkan Lesson Procedure, satu paket lagu untuk mengajar mereka, flashcard dan activity book untuk saya mengajar.  Ternyata itu sudah satu paket, jadi antara Lesson Procedure, lagu, flashcard dan activity book saling berkaitan. Setiap bab selalu ada lagu, flashcard, dan activity yang harus di kerjakan siswa. Alhamdulillah, jadi saya tidak perlu bingung lagi, dan juga repot-repot untuk membuat RPP dari awal lagi, menyiapkan media, dll. Dengan begini, saya tinggal memahami perangkat pembelajaran yang diberikan dan mengembangkannya jika perlu.

Beberapa kali pertemuan mengajar mereka masih mendapatkan satu unit saja dan hari ini mereka akan bertemu dengan materi baru. Akhir-akhir ini siswa banyak yang malas ketika saya ajar, tidak seperti awal-awal dulu, begitu semangat dan selalu memperhatikan. Aku baru sadar, jika saya hanya membahas hal yang sama di beberapa kali pertemuan, mungkin mereka sudah bosan (lagu dan gambar kok hanya itu-itu saja). Saya tidak berniat untuk membuatnya bosan, tapi ingin membuat mereka bisa ingat, bahkan ingat di luar kepala tentang apa yang saya sampaikan.

Saya jamin dengan materi baru yang saya berikan hari ini, semangat mereka bisa kembali lagi. Tidak hanya siswa saja yang senang untuk menyampaikan materi baru, saya sebenarnya juga senang. He e.

Kalau pembahasan sebelumnya mengenai emotions (happy, sad, surprise, & angry), dengan lagu If You’re happy dan flashcard bergamabar monster feeling, untuk kali ini saya berharap akan lebih menarik lagi. Tidak hanya lagu dan gambar saja, tetapi hari ini saya juga ingin memeberikan cerita kepada mereka (telling the story). Ceritanya tentang Frog Family (Father frog, mother frog, brother frog, sister frog, and baby frog).

Tadi malam saya sudah membuat media sederhana untuk menyampaikan materi hari ini, berupa puppet dan gambar untuk mendukung cerita dan tak lupa juga untuk memahami ceritanya. Untuk flashcard materi ini kebetulan hanya ada satu saja, jadi gambarnya harus buat sendiri. Meskipun dengen media sangat sederhana dan acak adul, semoga materi untuk hari ini bisa tersampaikan dengan baik. 

Songkhla, South Thailand

2 komentar:

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...