Jumat, 18 Desember 2015

Semarak Peringatan Maulid Nabi di Thayai School



Bulan Robi’ul awal telah datang , artinya tidak lama lagi hari Maulid Nabi akan tiba, tepatnya pada tanggal 12 Rabi’ul Awal. Berbagai acarapun biasanya digelar untuk meperingati Maulid Nabi ini, baik di masjid, di lingkungan masyarakat, dan tak terkecuali di sekolah-sekolah. Seperti contohnya waktu di SD dulu, seingat saya setiap peringatan Maulid Nabi, semua siswa diminta untuk berpakaian muslim dan membawa takir (bekal nasi) ke sekolah. Dalam acara tersebut, salah seorang guru akan memberikan tausiahnya seputar sejarah Rasulullah, dan ketika selesai barulah semua murid bisa membuka bekal nasinya untuk dimakan. Kalau di SMP dan SMA, selain ada tausiah seputar sejarah Rasulullah, juga dimeriahkan dengan berbagai macam lomba seperti, pidato, menulis kaligrafi, MTQ, dll. Itu hanya contoh kecilnya saja, masih banyak lagi berbagai macam tradisi yang dilakukan oleh masyarakat muslim untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. 
 
Banner Peringatan Maulid Nabi
Seperti halnya yang dilakukan di kebanyakan sekolah lain, sekolah Thayai Wittaya School juga mengadakan peringatan Maulid Nabi. Sesuai dengan kesepakatan yang telah kami buat saat rapat bersama  bahwa hari ini adalah waktu yang tepat untuk melangsungkan peringatan Maulid Nabi. Selain di pilih hari Jum’at yang barokah, juga karena jika dilaksanakan pada minggu-minggu berikutnya akan berbenturan dengan persiapan ujian, seperti membuat soal, merekap absensi, dll.
Hari ini menjadi hari yang penuh dengan nuansa keislaman. Kami semua bisa merasakan semarak Peringatan Maulid Nabi dengan berbagai macam kegiatan keislaman yang di hadirkan, seperti lomba adzan, pidato, penampilan An-nasyid, Quiz Maulid Nabi, lomba mading bertemakan Maulid Nabi, dll.

Absensi 

Siswa sudah tertata rapi
Guru Besar (Ust.Mohammad) memberi sambutan

Acara dimulai pada pukul 9. Sebelum itu kami mengkondisikan siswa untuk mengisi daftar hadir terlebih dahulu, setelah itu mengatur mereka untuk duduk rapi di tempat yang disediakan. Kegiatan ini dimulai dengan pembacaan ayat-ayat suci Al-Qur’an,  sambutan-sambutan, dan dilanjutkan dengan besholawat bersama.

Acara pembuka selesai sekitar pukul 10. 45. Dan inilah waktu yang ditunggu-tunggu, melihat unjuk kebolehan para siswa Thayai Wittaya School dalam menyemarakkan Maulid Nabi. Setiap kelas mulai dari kelas M-I, 2, 3 (setara SMP) dan kelas M-4, 5, 6 (setara SMA) harus berpartisipasi dalam semua kegiatan.
 
Grup An-nasyid dari kelas M-1
Lagu An-Nasyid yang dibawakan oleh beberapa orang dari kelas M-1 menjadi pembuka acara inti ini. Untuk An-Nasyid hanya beberapa grup saja yang tampil, tidak diambil dari setiap kelas, karena tidak dilombakan. Hanya sebagai pengisi acara di sela-sela lomba dilaksanakan.
Penampilan siswa saat lomba adzan





Penampilan siswa saat lomba ceramah
Lomba adzan mendapat giliran pertama, lalu dilanjut dengan siswa yang tampil berpidato. Setelah mendapat beberapa penampilan, lalu diselingi penampilan grup nasyid. Satu per satu dari siswa yang akan tampil dipanggil oleh pembawa acara secara bergantian. Beberapa guru yang menjadi juri juga sudah siap untuk menilai mereka yang tampil.

Saat Mr. Ahmad membacakan soal quiz

Siswa mengerjakan quiz
Selain lomba adzan dan lomba pidato, juga ada quiz tentang Maulid Nabi yang dikemas dalam Bahasa Inggris. Setiap kelas diwakili oleh dua orang saja. Sementara yang lain melihat penampilan lomba adzan dan berpidato di aula, sedangkan siswa yang mengikuti quiz tersebut diminta untuk menuju ruang kelas. Saya bagikan lembar jawaban quiz kepada siswa. Mr. Ahmad akan membacakan soalnya secara lisan dan siswa dengan bekerja sama dengan partnernya memilih jawaban yang benar dari pilihan jawaban yang disediakan. Hanya beberapa detik saja waktu untuk berpikir, jika waktu sudah habis akan dibacakan dengan pertanyaan selanjutnya. Semua pertanyaan sudah terjawab dan dikumpulkan, sekarang giliran saya bersama Mrs. Syaria untuk mengoreksi jawaban mereka. Dari tingkat menengah bawah di ambil 3 kelas sebagai pemenangnya, begitu juga dengan tingkat menengah atas. Pengumuman pemenang disampakan di akhir acara.

Setelah selesai mengoreksi, saya kembali ke Aula lagi untuk menyaksikan penampilan para siswa. Masih ada beberapa siswa lagi yang tampil sebelum waktu istirahat tiba. Ketika istirahat tiba kami semua meninggalkan aula untuk melakukan kegiatan di waktu istirahat, yakni makan siang dan sholat dhuhur.
Peringatan Maulid Nabi hari ini hanya untuk siswa Matayom saja atau siswa menengah, untuk Pratom atau tingkat dasar tetap melaksanakan kegiatan pembelajaran seperti biasannya. Karena di jam siang saya ada jam di SD sampai jam terakhir, jadi saya tidakbisa menyaksikan para siswa yang tampil di siang dan sore hari. 
 
Mading maulid nabi karya siswa


Saat berangkat megajar di SD, saya menengok sebentar ke aula. Saya mengira untuk lomba mading ini siswa hanya mencari artikel lalu di tempel dan dihias sebagus-bagusnya, lalu di tentukan siapa pemenangnya. Ternyata tidak hanya begitu saja. Ada sesorang guru yang memberikan pertanyaan seputar Sejarah Rasulullah, sementara siswa yang ikut dalam lomba ini akan berusaha mencari informasi selengkap-lengkapnya dari beberapa mading yang berjajar itu dengan membacanya, dan setelah selesai mereka akan menyampaikan informasi tersebut di depan. Yang bisa mendapatkan informasi lengkap dan bisa menyampaikan dengan baik, akan menjadi pemenangnya.

Untuk pengumuman pemenangnya siapaa saja saya juga tidak bisa menyaksikan, karena selesai mengajar, acaranya juga sudah selesai, tinggal do’a. Alhamdulillah, acara Peringatan maulid nabi hari ini berjalan dengan lancar. The end

Songkhla, 18-12-15

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...