Sabtu, 26 Desember 2015

Edisi Kangen Masakan Simbok



Simbok, begitulah panggilan kesayangan saya kepada nenek saya. Selain masakan emak saya yang sangat enak, masakan Simbok juga terasa special di lidah saya. Ibu saya sangat telaten memang jika memasak, ia sangat teliti ketika memberikan bumbu-bumbu pada masakan, wajar saja jika masakannya sangat lezat.

Berbeda dengan simbok, setiap kali memasak Simbok tidak pernah terpaku pada resep. Bisa dibilang hanya masak ala kadarnya, tidak neko-neko. Yang penting bumbu-bumbu pokok, seperti bawang merah, bawang putih, dan garam sudah masuk, tidak perlu repot-repot untuk menambahkan bumbu yang lainya, kecuali jika harus memasak masakan yang memerlukan bumbu tambahan. 

Kalau saya perhatikan cara simbok saya memasak juga lebih tidak istimewa lagi. Ia melakukan segalanya serba cepat. Misalnya, tidak telaten Simbok saya ketika memasak harus memberikan takaran pada bumbu masakan, biasanya pakai takaran perasaan saja. Tapi entah apa yang membuat masakan si-mbok memiliki rasa yang special di lidah saya. Setiap kali memasak bumbu-bumbu racikan sederhana simbok terasa pas.

Entah kenapa, lidah saya tiba-tiba terasa gatal ingin menikmati masakan simbok. Bukanlah masakan mewah yang saya rindukan, tapi masakan yang sangat sederhana tapi begitu terasa nikmat dilidah saya ketika yang memasak adalah simbok. Seperti contohnya, masakan berbau tempe khas simbok, sayur thewel khas simbok, sambal khas simbok, sayur sop khas simbok, dan masakan-masakan khas simbok yang lain.

Lidah saya begitu sulit untuk menyesuikan dengan makanan yang neko-neko disini. Terasa enak jika melihat mereka semua melahap makanannya. Ketika giliran saya yang merasakan, lidahku berkata lain. Meskipun sekarang saya berada disini, ha a a serasa lidahku masih menancap di kampung halaman.


Hatyai-Songkhla, 24-12-2015

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...