Sabtu, 19 Desember 2015

Ketika Akhir Pekan Tiba

      
          Saat akhir pekan tiba anak-anak  sekolah pastinya merasa senang. Mereka yang setelah beberapa hari harus perge ke sekolah, berangkat pagi dan juga dengan banyak tugas yang harus di kerjakan, membuat mereka begitu senang saat akhir pekan tiba. “Horeee besuk libur”. Mungkin itulah ungkapan yang cocok bagi mereka untuk menggambarkan kegembiraanya saat berjumpa lagi dengan akhir pekan.

            Hal serupa saya kira tidak hanya dirasakan oleh  anak sekolah saja, tetapi mungkin juga dirasakan oleh orang-orang yang dalam enam atau lima hari memiliki kewajiban untuk menjalan tugas dan tanggung jawabnya, misalnya sebagai guru, karyawan, pegawai, dll. Kebahagiaan yang muncul saya kira banyak macamnya, ada yang ketika hari-hari biasa harus bangun lebih awal, ketika akhir pekan tiba bisa ditunda sedikit, he e. Ada juga yang saat akhir pekan bisa menjadi momen rekreasi bareng keluarga untuk menghilangkan kepenatan karena bekerja hampir selama satu minggu. Intinya, ketika akhir pekan tiba itu meluangkan waktu untuk beristirahat dari segala beban pekerjaan dan merehatkan tenaga, pikiran dan fisik tentunya, dengan cara yang berbeda-beda.

            Sekolah yang saya tempat untuk menjalankan tugas KPL ini masuk aktif sampai hari Jum’at dan setiap hari harus berangkat pagi pulang sore, istirahat satu jam di siang hari (makan siang dan sholat Dhuhur). Sebenarnya saya ingin sekali di saat istirahat itu pergi ke asrama untuk hanya sekedar membaringkan badan beberapa menit saja, tapi malangnya, setelah semua siswa yang tinggal di asrama berangkat ke sekolah, pintu masuk di kunci dan dibuka ketika sore hari. Pernah saya tanyakan alasanya, karena beberapa siswa jika istirahat pulang ke asrama, saat waktu masuk pelajaran  mereka terlambat, atau bahkan ada yang malas untuk tidak mengikuti pelajaran di siang hari. 

Dengan menjalani rutinitas seperti itu, tidak salah jika saya juga sangat merasakan kedamaian hati ketika akhir pekan tiba. Jika saya bisa menikmati jalannya waktu dalam sehari, saya tidak begitu merindukan akhir pekan. Biarlah hari itu datang dengan sendirinya, lalu menikmatinya. Tapi kadang saya merasa waktu sehari itu begitu lamanya, jarum jam seperti tidak berputar setiap detik sekali. Saat seperti inilah yang kadang membuat saya merindukan sekali akan hadirnya akhir pekan. 

Saya begitu senang ketika akhir pekan tiba. Saya bisa merasakan nikmatnya hari libur setelah hampir seminggu menjalankan tugas dan tanggung jawab saya di sekolah.

Saat akhir pekan tiba begitu berharap sekali ada orang yang mengajak saya untuk jalan-jalan keluar. Kenapa tidak jalan sendiri? Jika ingin pergi ke suatu tempat saya harus ditemani oleh seseorang yang sudah berpengalaman. Sebagai pendatang, saya tidak boleh bebas jalan sendirian, harus keluar bersama orang lain. Beberapa minggu yang lalu, saya diajak oleh salah seorang guru ke rumahnya dan menginap disana. Tapi, beberapa minggu ini saya mengisi akhir pekan saya di asrama saja, belum ada lagi tawaran relawan untuk mengajak saya pergi ketika akhir pekan tiba. Ya, mungkin bukan akhir pekan yang tepat untuk dibuat jalan-jalan, menikmati tempat-tempat indah di negara yang saya tempati saat ini. 

Sejauh saya tidak pergi keluar saat akhir pekan, maka saya melakukan aktivitas akhir pekan saya di asrama. Meskipun hanya stay di asrama, tetap saja tidak melunturkan rasa senang saya saat akhir pekan tiba. Ada beberapa hal yang saya kerjakan sehingga membuat saya begitu menikmati akhir pekan meskipun hanya stay di asrama.

1.  Mencuci dan Membersihkan Ruangan
Mencuci dan membersihkan ruangan yang saya tempati adalah pekerjaan yang begitu seru untuk dilakukan saat akhir pekan. Betapa tidak, ketika hari-hari aktif sekolah, rasanya tidak sempat untuk melakukan kedua aktivitas ini. Saya kumpulkan baju-baju kotor saya selama lima hari tersebut, lalu saya mencucinya ketika akhir pekan seperti ini. Yang semula ruangan yang cukup berantakan dan pakian kotor yang menumpuk, saat akhir pekan tiba jadi cling, semuanya kembali rapi. Setelah semua selesai, lalu saya mandi. Ketika badan sudah bersih dan rapi, ruangan-pun juga sudah bersih, rasanya plooong. Inilah keseruan yang saya rasakan ketika menjalan kedua aktivitas tersebut di akhir pekan.

2.  Membaca dan Menulis
Berdiam diri di kamar asrama dengan buku di tangan saat akhir pekan menjadi kegiatan yang juga sangat mengasikkan. Ada beberapa buku yang saya bawa kesini. Tujuan saya memang akan saya baca setiap saat, baik di sekolah, asrama, atau saat diajak bepergian sekalipun.  Membaca di waktu luang menjadi aktivitas yang begitu nikmat, khusunya pada saat akhir pekan. Menulispun saya perlakukan sama dengan membaca. Saat di sekolah ketika tidak mengajar, mungkin orang-orang yang melihat saya sok sibuk menulis, dan sok serius membaca. Ha a…mereka yang berpikiran seperti itu sudah tertipu dengan tingkah saya ketika jam kosong, saya terlihat sok sibuk membaca. padahal yang saya hanya sedang membaca cerita ringan saja. Saya terlihat sok sibuk menulis, padahal yang saya tulis hanya sekedar curhatan saja, atau menulis momen penting, bahkan hanya sekedar coret-coret saja, dan ketika akhir pekan tiba saya berusaha untuk memperbaikinya.

3.  Menghubungi Keluarga dan Teman
Mengobati rasa rindu dengan keluarga dan teman, biasanya saya menghubungi mereka di akhir pekan. Beberapa minggu sekali secara bergantian saya menelphon keluarga dan teman saya. Seperti mereka hadir dalam kesendirian saya di akhir pekan, ketika saya bisa berbicara dengan mereka. Pastinya dengan menghubungi mereka, kami jadi saling tahu keadaan kami masing-masing. Mendengar kabar baik diantara kami semua menjadi penenang dan juga obat rindu.

4.  Jadi koordinator asrama
Ada dua orang guru sekolah yang tinggal di asrama. Mereka ditugaskan sebagai koordiantor asrama, yaitu mengatur kegiatan di asrama. Ketika saya belum tinggal disini, mereka harus pulang secara bergantian. Jika salah satu pulang, yang satunya harus pulang di minggu berikutnya. Ketika saya disini, sudah beberapa kali mereka pulang di minggu yang sama. Jadilah saya yang mengatur semua aktivitas mereka ketika mereka berdua pulang ke rumah. Waktu pagi saya harus memencet bel bangun pagi, setelah itu menggedor-gedor pintu mereka agar mereka segera bangun. Ha a Kktanya, hanya bunyi bel saja tidak mempan, jadi harus di tambah dengan menggedor pintu mereka. Waktunya sholat subuh akan dimulai, pencet bel lagi. Memencet bel dilakukan ketika waktu sholat tiba dan jam makan (pagi dan sore). Selain itu menjadi iman sholat, mengingtakan mereka setiap kegiatan asrama tiba, dan juga menhkoordinir beberapa kegiatan lain yang dialkukan di asrama.

5.  Mengerjakan tugas KPL
Selama KPL di Thailand ini, kami harus membuat laporan. RPP dan  jurnal harian adalah tugas yang harus segera saya saya selesikan. Akhir pekan menjadi waktu yang tepat bagi saya untuk menyusun rencana pembelajaran yang akan digunakan untuk mengajar pertemuan selanjutnya. Berkaitan jurnal harian, saya harus menuliskan aktivitas apa saja yang sudah saya lakukan dalam setiap harinya ke dalam kolom-kolom yang sudah disediakan. Mungkin di hari-hari biasa saya hanya menuliskan secara singkat saja, tetapi ketika akhir pekan saya bisa membuatnya jurnal harian tersebut menjadi lebih lengkap. 

6.  Mengerjakan Tugas Akhir
Sebelum saya berangkat ke Thailand, skripsi baru sampai di revisi proposal. Sehingga, ketika disini saya mempunyai tanggung jawab akan hal itu. Akhir pekan menjadi waktu yang begitu mendukung untuk mengerjakannya. 

7.  Bergulat dengan Internet
Saya mengusahakan diri saya untuk selalu menyisakan paketan internet untuk akhir pekan. Dengan adanya internet membuat saya tidak jenuh ketika di asrama. Di hari-hari biasa, meskipun ada paketan internet, saya hanya bisa menggunakanya hanya waktu-waktu tertentu saja, mungkin ketika istirahat tiba, atau malam hari. Tetapi, kalau menggunakan internet di akhir pekan bisa leluasa. Bermain facebook, nge-post catatan di blog, membaca blog teman, browsing keperluan mengajar, dan aktivitas via online lainya membuat akhir pekan saya cukup menyenangkan.

Dengan melakukan aktivitas-aktivitas tersebut, akhir pekan saya disini menjadi seru, tidak bosan meskipun hanya stay di asrama. Mungkin akan lebih berwarna lagi, jika suatu hari nanti, ada relawan yang mengajakku untuk menikmati keindahan kota dan tempat-tempat eksotis yang ada di Thailand ketika akhir pekan tiba. Saya yakin dengan hal itu jika pasti suatu saat nanti kesempatan menyenangkan itu akan datang.  The end

Songkhla-South Thailand, 20-12-15 




           
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...