Jumat, 10 Februari 2017

Jalan Terjal Menjemput Impian



Buku inspiratif "Jalan Terjal Meraih Mimpi Kuliah"
Jalan terjal ini seakan memang menjadi jembatan bagi para pemimpi untuk menjemput kesuksesanya. Saya memperhatikan orang yang berhasil, baik membaca kisah hidup para tokoh maupun memperhatikan orang yang berhasil di sekitar proses perjuangan hidupnya tidak lepas dari jalan terjal. Ada kisah memilukan dibalik kehidupan mereka, selalu ada cerita menyedihkan dibalik kemenangan mereka. Mungkin memang dengan cara inilah Tuhan menjadikan mereka menjadi seorang pemenang dalam kehidupan ini. 

Membaca buku yang ditulis oleh teman-teman bidikmisi di kampusku ini menyadarkanku akan arti perjuangan dan kesungguhan yang sebenarnya. Di tengah jalan terjal yang harus mereka lalui, namun demi mimpi besarnya tidak ada kata menyerah. Jalan terjal bagi mereka bukanlah alasan untuk tidak maju, justru menjadi peluang untuk meraih mimpinya.

Hidup merupakan perjuangan dan harus diperjuangkan sepertinya menjadi motivasi besar bagi mereka. Para penerima bidik misi ini bisa dikatakan para pejuang kehidupan. Dengan modal kesungguhan niat dan perjuangan, mereka akhirnya mampu merubah mimpinya menjadi kenyataan. Allah telah memberinya bantuan dari jalan yang tidak disangka-sangka. Jadi sangat manusiawi sekali jika pencapaian yang telah mereka taklukan ini menjadi kebanggaan tersendiri.



Sebanyak 49 cerita inspiratif di buku ini menghadirkan kisah dengan segudang perjuangan di dalamnya. Dari satu cerita ke cerita lainya yang berhasil saya baca, saya mengambil kesimpulan bahwa sekali lagi mereka punya semangat untuk tidak meyerah. Usahanya senantiasa didukung dengan kerja keras, keyakinan yang kuat atau selalu optimis, serta tidak lupa untuk berdoa dan betawakal. Sungguh, saya trenyuh menyimak kisah mereka. Porsi perjuangan saya seakan masih jauh dibawah mereka.

Mereka adalah sosok yang telah berhasil memperjuangkan sebuah kesempatan untuk dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Kesempatan dalam kasus ini lebih merujuk pada kesempatan bisa menempuh bangku kuliah. Kesempatan tersebut merupakan hal yang sangat berharga. Bagi kita yang notabene punya kesempatan namun tidak memanfaatkan kesempatan tersebut dengan baik, menjadi penting cerita dan kisah mereka ini dijadikan teladan, bahan renungan, dan pembelajaran. 
 

6 komentar:

  1. ya, dan saya sedih di sekelilingku ada banyak anak/remaja yang secara ekonomi ortu mampu biayai sekolah (buktinya mampu beliin motor) tapi malah ogak2an sekolah dan akhirnya putus...ada salah seorang lulusan SMK saya kasih info beasiswa bidikmisi, malah menolak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya mereka belum sadar sepenuhnya akan berharganya kesempatan Bund..Dari pengalaman pribadi, biasanya saya akan merasa menyesal setelahnya

      Hapus
  2. Balasan
    1. Terimakasih Bu Ima, selamat berkarya juga😊

      Hapus
  3. Semangat Eka :) Selamat berkarya kawan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Kak Citra... Terimakasih atas kunjungan anda hehe 😁

      Hapus

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...