Selasa, 07 Februari 2017

BER-FESBUK RIA



Tulisan kali ini tetiba terinspirasi dengan sebuah situs jejaring sosial yang sangat fenomenal di dunia ini. Ya benar, situs yang saya maksud bernama facebook. 
 
Kita telah ketahui sendiri bahwa buah masterpiece dari Mark Zuckerberg ini seraya sudah menghipnotis jutaan orang di seluruh dunia. Kita telah memanfaatkan situs ini untuk berbagai macam kepentingan. Sebagian menggunakannya untuk urusan bisnis, berbagi informasi, bahkan ada sebagian orang juga memanfaatkannya untuk melakukan kejahatan di dunia maya atau yang dalam istilah kerenya disebut “cyber crime”.

Sudah cukup lama saya menggunakan situs ini. Kalau tidak salah saat saya mulai membuat akun FB ini waktu SMA. Tapi dibuatkan oleh teman saya, karena waktu itu saya tidak paham cara membuatnya. Saya tinggal terima jadi. Jaman itu, banyak teman-teman yang sering bicarakan status fesbuk saat di kelas. Dari situlah saya membuat akun ini, kelihatannya begitu asyik nyetatus alay lalu esuk harinya dibicarakan bersama, haha.

Saya sempat merasa bosan juga menggunakan situs ini. Perasaan saya hanya itu-itu saja yang ada di facebook. Setelah itu, saya pun cukup lama tidak menggunakanya. Hingga pada suatu hari saya menemukan sesuatu yang menarik dari situs ini. Salah satunya bisa dijadikan media untuk belajar menulis. 

Memang saat itu saya hanya mengetahui kalau wall dengan instruksi “Apa yang and pikirkan sekarang?” ini hanya untuk menulis status singkat yang alay saja, tidak lebih. Karena saya tidak mahir melakukannya, saya kebanyakan sebatas mengintip status yang ditulis oleh teman-teman saja. 

Beberapa tahun terakhir ini, saya menemukan sesuatu yang menarik dari situs fesbuk. Ternyata banyak orang inspiratif yang berupaya membuat jejaring sosial ini untuk hal yang positif. Berbagaimacam aktivitas dilakukan.  Ada yang mengexpose tulisan terbaru mereka, mengabarkan buku mereka yang baru saja terbit, memotivasi orang lain untuk menulis, berbagi pengalaman, dan berbagai kegiatan positif lainya. Hal itu menurut saya sangat menarik untuk ditelusuri.

Saya juga bisa belajar banyak dari mereka yang secara sukarela memposting tulisan inspiratif mereka di facebook. Saya mendapatkan banyak inspirasi dan juga ilmu dari status tersebut. Hingga, saya pun berkeinginan dan memberanikan diri mencobanya. 

“Apa yang and pikirkan sekarang?” atau “What’s on your mind?” adalah salah satu menu utama di situs ini. Biasanya wall ini muncul di bagaian paling atas saat situs ini kita buka. Yang sejauh ini saya tahu, wall tersebut difungsikan untuk mengupdate status, bahkan kita juga bisa menyertakan video atau foto disana.



Tanpa kita sadari, sebenarnya secara langsung wall tersebut memberi perintah yang tegas kepada kita untuk “menulis apa yang sedang kita fikirkan di wall tersebut. Ini sebenarnya bisa menjadi pelajaran positif bagi siapapun yang ingin belajar menulis. Yuk, ber-fesbuk ria, nyetatus sambil belajar menulis.


Pare, 07 Pebruari 2016




1 komentar:

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...