Jumat, 28 Juli 2017

TAK ADA YANG SIA-SIA



Menuangkan air pada gelas yang sudah penuh air, pernahkah mencobanya? Sepertinya sudah sangat jelas apa yang bakal terjadi, tak lain adalah bakalan tumpah. Yang terjadi hanyalah sebuah kesia-siaan semata. Cukup sampai disitu kah kita melihatnya, bahwa gelas tersebut tida bisa dituangi air lagi hanya karena sudah penuh.

Bagaimana kalau dalam gelas tersebut adalah air panas, maka semakin banyak air yang dituangkan air itu menjadi dingin. Jika dalam segelas penuh air tersebut, misalnya air yang telah basi. Dengan masukkan air ke dalamnya, maka minuman yang basi itu akan terdorong keluar dan terganti dengan air yang dimasukkan dan air pun menjadi bersih.

Sama juga dengan botol yang berisi penuh madu, tidak akan berasa madu sebagaimana biasanya jika dimasukkan air basi, karena madu akan tergantikan sedikit demi sedikit dengan air basi yang dimasukkan tersebut.

Saya kira kondisi tersebut terjadi dalam diri kita. Misalnya diri kita ini ibarat gelas yang telah dipenuhi kebaikan. Tentunya kebaikan itu akan semakin pudar dan hilang jika kita tidak bisa mempertahankannya atau terus menerus melakukan kebaikan. Baik tidak selamanya menjadi baik. Meskipun sedikit demi sedikit melakukan keburukan, lama kelamaan kebaikan itu tentu akan terganti dan terhapus dengan kejahatan yang dilakukan.

Tentu akan sama saja jika seseorang telah lama dan selalu berkubang dalam keburukan, belum tentu sampai akhir akan selalu seperti itu. Atau bukan berarti tidak ada peluang baginya untuk menjadi orang baik. Bukan sebuah kesia-siaan jika mencoba untuk melakukan kebaikan. Jangan berpikir bahwa hanya sia-sia saja melakukan kebaikan apapun, sehingga tak punya efek apa-apa meski berusaha melakukan kebaikan.

Saya kira jika terus menerus mencoba dan berusaha melakukan kebaikan, maka keburukan yang sering dilakukan akan terdorong keluar dan tergantikan dengan kebaikan. Mungkin tak serta merta, namun sedikit demi sedikit akan terganti dengan kebaikan. Bukankah Allah Maha Pemurah?. Meski kejahatan setinggi langit, Allah punya ampunan seluas langit. Ya, yang terpenting tak ada alasan untuk berbuat kebaikan. 

Pare, 22/07/2018

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...