Jumat, 14 Juli 2017

CATATAN YANG TERTINGGAL

Entah kenapa, aku sepertinya tengah krisis ide untuk menulis. Melototi layar word berjam-berjam, tidak juga aku segera menemukan ide untuk segera kutuliskan. Rasanya kosong. Ya, aku tengah menyadari kekosongan itu akibat aku sempat terlena menggunakan pikiranku untuk menggali ide, lalu kutuliskan. Ketika membaca tulisan orang lain, yang muncul dalam benak ini hanyalah, "kok bisa ya?" Aku sejenak terheran. Kagum seharusnya tidak sebatas kagum, namun harus segena menirunya, kalau aku bisa menulis sesuat, lalu dibagikan.

Ya, Aku tertinggal beberapa bulan terakhir ini soal menulis. Sungguh belajar menulis itu perlu sebuah komitmen dan usaha yang serius, tidak main-main. Dan rasanya tidak mudah untuk kulakukan. Benar-benar tertatih. Salut kepada mereka yang senantiasa istiqomah dalam menebarkan ilmu lewat tulisan. Aku yakin semua itu mereka lalui dengan proses yang tidak singkat.

Memaksa diri untuk bangkit kembali seringkali kulakukan. Namun seringkali ada saja yang membuatku terlena hingga berhari-hari, sehingga menggagalkan rencanaku untuk menulis. Sebenarnya aku sangat menyesalinya. Kini saatnya memompa niat kembali. Kukira niat yang kususun lalu sudah usang, sehingga tidak ampuh lagi untuk menghidupkan obor semangat diri. Semuannya memang tergantung diri sendiri. Tinggal memilih saja, antara iya dan tidak. Ketika ego sebagai musuh kita, maka tugas kita adalah melawannya. Jangan samapai dibiarkan berlarut-larut.

Salah satu jalan yang sering kutempuh untuk menghidupkan obor semangat adalah membaca buku motivasi kepenulisan dari para guru menulis. Dengan menghayati buku-buku tersebut, aku jadi tersadar akan sebuah kesungguhan dan komitmen kala menjalani proses belajar.

Memang saat beberapa Minggu berhasil menulis secara rutin, disitulah ketidak kekosongan malah terjadi. Seakan ada saja ide yang ingin dituliskan. Lalu, suatu saat ada iming-iming untuk tidak menulis, disitulah aku tidak tahan. Yang akhirnya aku terlena akan sebuah komitmen. Lagi-lagi hari tidak ada yang bagus untuk memulai. Catatan pun akhirnya tertinggal jauh. Hanya momen bagus yang kunanti untuk memulai lagi. Tapi benar, nihil adanya jika momen itu ditunggu saja, tidak segera beraksi.

Dalam sunyinya malam, 14-07-2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...