Kamis, 23 Juni 2016

Buka Bareng Anak Yatim



Ternyata sudah satu tahun lalu saya bersama teman-teman satu team mengadakan agenda yang sama, yaitu santunan anak yatim dan buka bersama. Alhamdulillah kegiatan kami waktu itu berjalan lancar dan menjadi catatan saya di penghujung bulan Juni. Untuk ceritanya bisa dilihat disini

Waktu itu saya dipercaya menjadi koordinator devisi keagamaan dalam organisasi intra kampus yang dinaungi oleh mahasiswa jurusan Bahasa Inggris dan salah satu kegiatanya adalah santunan anak yatim dan buka bersama.
 
Ternyata adik tingkat di tahun ini juga masih mengadakan kegiatan yang sama, dan semoga saja tahun-tahun berikutnya juga. Hanya saja saya tidak ikut terjun langsung di dalamnya, tapi masih bisa berpartisipasi. 

Lewat undangan SMS dan dari grup WA, kami kakak tingkat dari semua angkatan diminta untuk hadir dalam rangka acara santunan anak yatim dan buka bersama itu. Kami segera dimintai kepastiannya. Satu per satu bersedia untuk ikut, termasuk saya. 

Rabu (22/06/2016) adalah pelaksanaan acarannya. Sebenarnya serangkaian acaranya dimulai dari pagi, yaitu khotmil qur’an. Namun, berhubung semua teman datangnya sore hari, akhirnya kami datang saat acara inti, yaitu prosesi santunan dan buka bersama. 

Tepat setengah lima, saya bersama dua teman saya sampai di tempat. Mengisi daftar hadir, lalu duduk manis. Sususan acaranya masih sampai pada sambutan. Setelah sambutan selesai, anak yatim dipanggil satu per satu, lalu diberikan santunan. Iringin sholawat menggema selama prosesi pemberian santunan. Karena masih ada waktu setengah jam lagi menjelang waktu berbuka, diisi dengan dengan tausiyah. Mendengarkan tausiyah seputar anak yatim, keutamaan bulan suci Ramadhan, dan disinggung juga hal-hal yang bisa membatalkan puasa.

Menjelang berbuka, para panitia mulai membagi-bagikan takjil dan Nasi Kotak. Setiap orang mendapat satu gelas es buah dan sekotak nasi. Sebelum tausiyah selesai, beliau memimpin  do’a berbuka puasa. Kebersamaan begitu terasa saat watu berbuka tiba. Para panitia, undangan, dan juga anak yatim bersama-sama  menikmati menu berbuka puasa.

 
 
Prosesi pemberian santunan

Buka bersama

2 komentar:

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...