Senin, 13 April 2015

Ada apa dengan “Nama”?



          Nama adalah sebuah identitas. Apapun itu akan memiliki sebuah nama yang menunjukkan identitasnya. Entah itu berupa benda mati atau hidup, semuannya tidak lepas dari nama. Tumbuhan punya nama, tempat punya nama, hewan punya nama, barang punya nama, dan yang pasti manusia juga punya nama. Nama-nama itu bukanlah sembarang nama yang kita bisa berikan se-enaknya saja, tapi saya yakin ada proses, maksud, dan tujuannya  …He e *Syok tahu dikit. Seperti halnya nama kita semua, pasti ada maksudnya kan? Nama adalah do’a dan harapan. Dibalik nama kita ada harapan yang tersimpan, sebut saja seseorang bernama slamet, nama itu diberikan dengan harapan bisa menjadi orang yang hidupnya selalu sehat dan selamat, terhindar dari mara bahaya. Sugiharto, dengan harapan akan menjadi orang yang kaya, Budiharjo, mungkin karena orang tuannya berharap agar anaknya berbudi dan hidupnya bisa sejahtera, dan masih banyak lagi. Namaku sendiri adalah Eka Sutarmi, agak kurang gaul sich, sedikit jadoel he e. Tapi di balik namaku itu tersimpan kekuatan makna yang begitu mulia. Eka berarti satu, saya adalah anak pertama. Su itu baik, dan tarmii itu melempar. Orang tuaku memberikan nama ini dengan harapan saya bisa selalu menebarkan kebaikan kepada orang lain, Aamiin. Bagaimana dengan nama kalian? Berbicara nama, saya ingat ketika di SD. Saat itu ada 2 teman saya yang namannya mirip denganku, mereka teman sekelas saya, namannya Eka Suryani dan Eka Sulasmi, saya juga kurang tahu apa maknanya, tapi yang jelas dalam nama itu tersimpan sebuah do’a dan harapan. Muncul juga dalam benak saya untuk menuliskan nama-nama presiden kita, yaitu Sukarno, Suharto, dan Susilo…Apakah ada hubungannya dengan Sutarmi? he e, Just Kidding…Ya siapa tahu yang namannya berinisial su bisa menjadi orang yang berhasil dan sukses seperti mereka, boleh kan bermimpi untuk jadi presiden??????
          Menyebutkan nama saat berkomunikasi dengan orang lain ternyata juga bisa memberikan efek tersendiri. Jika nama kita disebut, atau saat seseorang itu memanggil kita dengan langsung menyebut namannya maka akan timbul rasa akrab, dan juga kita merasa lebih di hargai, begitu juga sebaliknya. Secara tidak langsung, hal ini akan membangkitkan sutau keterbukaan, sehingga mempermudah kita saat melakukan komunikasi. Tidak percaya, silahkan mencobannya…, saat kita berkomunikasi dengan orang lain sedapat mungkin dengan menyebut namannya. Jadi, klo ada yg bilang apalah arti sebuah nama.. menurutku artinya sangat penting. Karena nama adalah do’a, dan nama adalah identitas dari diri kita.
          Hmmm Kehabisan kata-kata kayaknya, Just these words in my mind … Selamat membaca, tunggu tulisanku selanjutnya ya… I’m still in Happy Writing, Good Night.
T. Agung, 13-4-2015
         


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...