Sabtu, 03 Desember 2016

Ice Breaker, Obat Jenuh saat Pembelajaran



Ice Breaker” yang secara literal diminaknai dengan pemecah es (air yang beku). Lantas apa hubungannya dalam kegiatan belajar? 

Pernahkan diantara kita saat belajar mengalami rasa jenuh, mulai bosan, lelah, kadang tidak fokus dengan apa yang diterangkan oleh guru, dll, saya kira situasi yang demikian pernah dialami oleh kebanyakan siswa dengan berbagai macam sebab. Misalnya, ketika kelas di jam terakhir, materinya yang membosankan, dan masih banyak lagi. 

Ternyata kondisi serupa juga bisa menimpa pada pengajar dan mungkin itu salah satu penyebabnya kenapa siswa juga menjadi kurang bersemangat. Inilah yang dimaksud “ice” dalam kegiatan belajar, dimana situasi belajar menjadi beku  dan membsankan. Maka, diperlukan solusi atau pemecahnya yang disebut “breaker”.  Karena ketika kondisi kelas sudah seperti itu, biasanya tidak efektif jika guru tetap menjelaskan materi. Suasa kelas sudah tidak kondusif pada situsi ini. Maka sangat dianjurkan untuk melakukan ice breaking yang berguna untuk menyegar-kan kembali suasana belajar yang mulai jenuh dan membosankan. 

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk kegiatan ice breaking di dalam kelas ini, bisa berupa permainan singkat, menyanyi, gerak dan lagu, senam otak, tepuk, melontarkan humor, dll. Kita bisa belajar tentang macam-macam ice breaker yang cocok dipakai dikelas lewat youtube atau dengan membaca artikel tentang ice breaking. Saya suka melakukannya. Saya ingin menirukan metode-metode tersebut saat dikelas. Kalau belum terbiasa memang yang semula saya bayangkan di kelas akan menjadi seru dan ceria, namun kadang malah krik-krik. Karena mungkin dalam membawakanya kurang luwes.

 Kuncinya ketika sampai di kelas dipastikan kita paham betul dengan aturan ice breaker yang dibawakan. Karena aktifitas ini fungsinya untuk memulihkan kembali semangat dan konsentrasi siswa saat belajar, jadi memang harus dibawakan sesemangat dan seenerjik mungkin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...