Rabu, 07 Desember 2016

Coba-coba Sup Ubi Kuning



Sejauh yang saya tahu, ubi jalar atau ketela rambat sangat sering dipakai untuk kolak. Biasanya dimasak waktu bulan puasa tiba. Selain itu masakan berbahan dasar ubi jalar yang lebih saya kenal seperti, digoreng, dikukus, dibuat kue, dll. Sangat jarang saya menemui ubi jalar dimasak sayur. 

Namun hal itu menjadi tidak aneh ketika saya menginjakkan kaki di bumi Thailand beberapa waktu yang lalu, ubi jalar dimasak bersama aneka macam sayur lainya. Bahkan tidak hanya dua atau tiga macam sayuran, beragam jenis sayuran yang memungkinkan dibuat sayur bening masuk disitu. Busyeett. Saya kurang tahu disana nama masakanya apa, yang jelas sejenis sayur bening. Bermula dari situlah saya tahu kalau ubi jalar ternyata bisa dimasak sayur dan rasanya memang enak, meskipun pertama kali tahu sedikit terasa aneh saja.

Ada beragam warna ubi jalar yang saya tahu; ada kuning, ungu, dan putih. Tetiba kemarin saya ingin mencoba memasak sayur bening dicampur ubi jalar. Saya memilih ubi jalar yang warnanya kuning. Jika dimasak sayur bening,yang kuning sepertinya akan lebih menarik warnanya dibandingkan dengan yang ungu dan putih. Bayam, wortel, dan jagung manis tetap menjadi bahan utamanya. Untuk bahan tambahanya selain ubi jalar kuning, saya beri sayur krai, dan tomat. Jadilah masakan yang warna-warni, ada orange, kuning, merah, dan hijau. 

Bersama seorang teman saya, pagi itu bekerja sama memasak menu andalan kami. Menu andalan karena, rasanya cukup segar dan gampang membikinya. Teman saya yang mempersiapkan sayur-mayurnya, sementara saya yang memasaknya. Begini resep praktisnya,

Saya masukkan terlebih dahulu jagung manisnya ke dalam air secukupnya. Setelah air mendidih, saya masukkan  bumbu praktis, cukup beberapa suing bawang putih digeprak dan sedikit lengkuas. Ketika jagung manisnya sudah setengah matang, baru disusul kemudian masukkan ubi kuningnya. Setelah masak, selanjutnya masukkan semua sayur yang tersisa.

 Di akhir baru saya beri garam halus dan gula secukupnya. Tunggu hingga semua sayur masaknya merata. Sebelum diangkat, jangan lupa dicicipi terlebih dahulu  siapa tahu bumbunya ada yang masih perlu ditambah. Setelah dirasa pas, angkat dan siap dinikmati. Untuk lauknya cukup dengan tahu goreng dan sambel trasi plus tomat. 
 
Ada yang mau coba? 

 Semangkuk sup ubi kuning, yummi

Pare, 08-12-2016

1 komentar:

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...