Jumat, 05 Agustus 2016

Secuil Cerita Dapur



Salah satu kegiatan yang paling mengasyikkan berkaitan dengan membantu orang tua adalah membantu memasak. Berbicara memasak, saya memang belum terlalu bisa diandalkan. Meskipun bisa, tapi tidak selezat masakan simbok saya.
 


Kalau diminta oleh saya untuk memasak, saya memilih memasak masakan yang gampang, seperti sayur sop, sayur asem, sayur singkong dan lauknya seperti tempe atau tahu goreng plus sambal, pergedil kentang, telur dadar, dll. Praktis dan saya suka, he he =D. Memang dibandingkan masakan yang berbau santan kental, saya memilih yang seger-seger (berkuah banyak). 

Meskipun saya kurang suka dengan masakan yang bersantan, tetapi entah kenapa memarut kelapa adalah salah satu dari serangkaian prosesi dalam hal masak-memasak yang paling saya sukai. Asyik saja menurut saya. Hwaa asyik dari sisi mananya ya...



Masih ingat jelas dalam benakku ketika saya pertama kali belajar memarut kelapa. Waktu itu saya masih duduk di bangku sekolah dasar. Saya setiap menyaksikan simbok memarut kelapa, terlihat asyik, seperti bermain-main. Sayapun penasaran untuk mencoba. Beberapa kali saya mencoba simbok saya membiarkan begitu saja, meskipun banyak kesalahan yang sebenarnya terjadi. Adakalanya parutan kelapanya berceceran kemana-mana bahkan hasil parutanya tidak sebanding dengan kelapa yang diparut, dll. 

Ternyata tidak sembarang memarut, yang posisi kelapa yang akan diparut dihadapkan kemana saja. Simbok saya akhirnya memberitahu cara yang benar. Saya diberitahu kalau memarut kelapa itu bagian dalamnya dihadapkan ke orangnya, tidak boleh terbalik, karena akan lebih sulit dan bisa memarut tangan secara tiba-tiba. Bagian dalamnya dihadapkan ke atas atau bawah juga tidak dibolehkan, karena parutan yang keluar akan sedikit. Dan, saat memarutnya harus pelan-pelan.

Kalau ada orang yang menganggap, memarut kelapa adalah sesuatu yang membikin lama dan tidak suka melakukannya, saya bukan termasuk didalamnya. Malah memarut kelapa menjadi salah satu dari serangkaian prosesi masak-memasak yang saya sukai. Karena simbok yang notabene tidak telaten memarut kelapa, jadi cocok deh kalau saya selalu menawarkan diri ketika simbok ingin memasak yang berbau santan.


T. Agung, 05-08-2016

1 komentar:

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...