Selasa, 17 Maret 2015

MULAI BERGELUT DENGAN DUNIA RESEARCH



            Konsekuensi semester tua memang begini, harus berlatih dan belajar untuk menghadapi masa depan.  Masa depan dalam hal ini adalah ketika saya natinya sudah semester akhir dimana mau tidak mau harus menyelesaikan skripsinya. Mulai semester empat sebenarnya kami sudah mulai diperkenalkan dengan yang namanya mata kuliah metodologi penelitian, dalam bahasa inggris mata kuliah ini bernama research methodology. Dalam mata kuliah tersebut membahas tentang metode quantitative dan metode qualitative. Saat itu belum diminta untuk membuat proposal, masih belajar seputar pengenalan garis besar kedua metode tersebut, teori-teorinya,  mebuat topic permasalahan, dan masih banyak lagi. Agar lebih mudah dalam memahami matakuliah ini, maka dosen saya mewanti-wanti untuk sesering mungkin membaca skripsi ataupun membaca buku tentang penelitian.
            Semester empat sudah berlalu. Saat semester 5 bertemu dengan mata kuliah tentang penelitian lagi. Mata kuliahnya Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Saat itu saya merasa benar-benar mulai tahu rasannya membuat proposal penelitian. Kami belajar PTK mulai dari nol hingga bisa membuat proposal. Tidak lain itu berkat bimbingan dosen tercinta kami, Mom. Nurul Choyimah. Sekitar 4 kali pertemuan masih melakukan lecturing, diberikan penjelasan mengenai seluk-beluk PTK. Beliau dengan sangat expert  menjelaskan mata kuliah ini. PTK ini termasuk salah satu mata kuliah favorit saya, sehingga saya suka dan sangat senang jika belajar tentang mata kuliah ini.
 Setelah lecturingnya selesai kami diminta untuk membuat proposal draft PTK dan hasil nya dipresentasikan di setiap pertemuan. Pertama kali yang harus kami lakukan adalah mewancarai guru kelas untuk mengetahui permasalahan yang timbul di kelas. Akhirnya saya harus berusaha untuk mencari link guru sebagai narasumbernya, dapatlah guru bahasa inggris di MtsN Ngantru. Sangat beruntung sekali saya saat itu, beliaunya sangat baik dan ramah, dan yang tidak kalah pentingnya, beliau dalam menyampaikan informasinya begitu runtut, dan jelas. Setiap permasalahan, beliau ceritakan dengan sejelas-jelasnya. Akhirnya data yang saya butuhkan sudah terkumpul. Saya memilih satu permasalahan yang ingin saya bahas dalam proposal tersebut lalu saya mencarikan strategi yang inovativ untuk mengatasi permasalahan tersebut. Karena topic yang akan dibahas sudah ketemu, jadilah judul proposal saya “Developing an enjoyable teaching strategy by using reading aloud to improve the students’ ability in pronunciation”. Dengan penuh semangat saya mengerjakan proposal draft tersebut. Beberapa hari kemudian proposal draft itu jadi. Setelah jadi, proposal draft tersebut saya presentasikan, dan Alhamdulillah berjalan lancar. Proposal draft saya mendapat apresiasi yang positif dari beliau. Sebagai tugas akhir semester lima, kami diminta untuk mengembangkan proposal draft itu menjadi real proposal. 25 hal proposal selesai dengan waktu yang telah ditentukan. Asyik memang pengalaman membuat proposal PTK saat itu, karena saya landasi dengan rasa suka serta ikhlas, he e.
Di semester enam ini, levelnya semakin berat. Mata kuliah yang berhubungan dengan penelitian yaitu seminar on thesis writing, lecturingnya begitu singkat dalam mata kuliah ini, hanya 2 kali pertemuan saja. Dalam 2 kali peetemuan ini, pembahasannya sudah menyangkut 3 macam penelitian, mulai dari qualitative, quantitative, dan PTK. Dosen yang mengampu mata kuliah ini masih sama dengan yang semester kemarin, My idol Mom. Nurul Choyimah. Beliau percaya bahwa ketiga penelitian ini sudah pernah diajarkan di semester kemarin, sehinggga hanya dibahas sekilas saja. Kami langsung diminta untuk membuat proposal, dan minggu depan, tepatnya tanggal 26 kami sudah mulai maju untuk presentasi. Sebenarnya kami diberikan kebebasan untuk memilih diantara ketiga metode penelitian itu, tapi sampai hari ini saya pribadi masih bingung permasalahan apa yang ingin saya bahas. Ternyata Allah memberikan jalan yang berbeda, saya mendapat kesempatan maju pertama kali. Jika saya gunakan ulang proposal PTK yang kemarin, rasnanya kurang kreatif. Sebenarnya saya sudah punya angan-angan permasalahan yang ingin saya bahas, tapi entah kenapa hingga saat ini saya belum memulai menuangkan angan-angan saya tersebut dalam bentuk coretan. Tinggal 6 hari lagi …  semoga proposalnya bisa selesai sesuai deadline, dan hasilnya bisa memuaskan. Harapannya lagi, semoga proposal ini bisa diterima baik dan bisa menjadi langkah awal saya dalam menjalankan tugas masa depan, yakni skripsi. Semangat …semangat
----HAVE A GREAT DAY----

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...