Jumat, 13 Maret 2015

“Menulis Menyelesaikan Masalah”



          Mengapa hari ini saya menulis? ya, karena saat ini saya sedang ada masalah gawat he e e. Sudah dua minggu ini kami telah mengikuti kegiatan perkuliahan aktif. Seperti biasa minggu pertama masuk perkuliahan tidak ada materi, hanya perkenalan saja. Kalau ada dosen yang pertama kali masuk kelas berarti juga perlu memperkenalkan dirinya, tapi kalau dosennya sudah pernah mengajar, beliau tinggal memperkenalkan tentang garis besar materi yang akan dipelajari selama satu semester ini. Ada pepatah yang mengatakan, “tak kenal maka tak sayang”, tapi kalau menurut saya persoalan kuliah ini bukan begitu pepatahnya, ada tambahannya “tak kenal maka tak sayang, saat sudah kenal banyak tugas berdatangan”. Begitulah kirannya …
Itulah persoalan atau permasalahan gawat yang sedang saya hadapi, dihantui dengan tugas-tugas kuliah. Sebenarnya masalah ini sudah umum dihadapi oleh mahasiswa, tinggal bagaimana cara kita me-managenya. Kalau boleh saya cerita, saya belum bagus dalam me-manage waktu untuk mengerjakan  tugas-tugas ini. Saat dosen memberikan tugas tersebut, saya tidak langsung mengerjakannya. Akhirnya begini jadinnya, sudah mendekati deadline …tapi belum ada satupun yang dikerjakan. Persoalan yang gawat ini.
Hingga saat ini saya masih belum tahu mulai darimana saya harus mengerjakan tugas-tugas tersebut. Ingin memulai mengerjakan, inspirasi saya masih belum hadir. Saya belum punya gambaran sama sekali, mungkin Allah belum menghendaki, he e. Tapi saya optimis, entah itu kapan saya mulai mengerjakannya, tapi yang jelas di hari H pasti akan selesai dengan hasil yang maksimal.
Sesuai dengan judul tulisan saya “Menulis Menyelesaikan Masalah”. Saya hari ini sudah menguraikan masalah yang tengah saya hadapi saat ini, dihantui dengan tugas-tugas kuliah. Tugas kuliah yang banyak itupun satupun belum ada yang saya sentuh, sementara deadline sudah di depan mata. Saya percaya, setelah menulis ini masalah saya akan terselesaikan. Tugas kuliah saya akan selesai hanya dengan menulis ini …. He e e .
Bukan begitu sebenarnya maksud dari judul tulisan ini. Karena saya sudah menguraikan persoalan yang saya hadapi ini berarti saya harus berusaha untuk mencari solusi atau jalan keluarnya. Dalam hal ini berarti, saya harus segera menyentuh tugas-tugas tersebut. Membuat daftar  tugas setiap mata kuliah serta menuliskan deadlinenya, dan mengerjakan tugas yang hampir mendekati tanggal deadline dari tugas tersebut. OKELAH. Sebenarnya tugas yang diberikan oleh para dosen kepada kita itu untuk kebaikan kita sendiri. Dengan tugas-tugas tersebut bisa mengukur kemampuan kita akan materi yang diberikan, selain itu kalau misalnya nilai kita ada yang kurang pada saat ulangan, nilai tugas itu bisa menjadi tambahannya. Oleh karena itu, ketika kita dapat tugas banyak dari dosen kita tidak boleh mengeluh ya …anggap saja banyak tugas banyak ilmu, sebenarnya tugas-tugas itu tidak akan menumpuk hingga menghantui kita asalkan kita bisa me-manage waktu kita dengan tepat.
Keep Fighting, Keep Spirit, and ACTION


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...