Jumat, 17 November 2017

KEHILANGAN



Kehilangan adalah hal yang menyedihkan dan membuat hati sesak. Terlebih kehilangan sesuatu yang sangat berharga, mulai dari barang yang kita suka, seseorang yang kita sayangi, kesehatan, dll. Sebenarnya tak ada yang pernah siap untuk kehilangan, namun bagaimana lagi. Semuanya sudah terlanjur terjadi. Jika bisa mengambil ibroh dari kejadian tersebut, mungkin pelan-pelan bisa merelakan. Bahwa ada hikmah dibalik kehilangan.

Penyesalan. Biasanya kehilangan berujung pada penyesalan. Aku begitu setuju jika kita terkadang baru bisa menghargai sesuatu setelah terlepas dari genggaman. Sebenarnya dengan cara demikian kita belajar dari kesalahan yang telah diperbuat atau belajar dari masa lalu.

Apa yang kualami tadi malam memberiku pelajaran tentang kehati-hatian. Meskipun hanya ulanh konyol namun jika itu benar-benar terjadi, rasanya akan menyesakkan dada.

Bagaimana jika HP satu-satunya benar-benar raib? Aku pernah hampir kehilangan, tepatnya satu tahun yang lalu, karena lalai aku tinggal di masjid. Syukurlah, barang itu kembali karena ada orang baik yang masih menyimpan dan mengembalikannya. Jangan sampai kejadian yang sama terulang lagi.

Tadi malam, aku sudah panik karena HP yang kutingggal di kamar ketika aku pergi tidak berada lagi di tempat semula. Aku sudah diingatkan berkali-kali sebenarnya untuk mengunci pintu sebelum pergi. Meskipun kelihatannya aman, namun tidak ada salahnya buat jaga-jaga. Aku sering lupa melakukannya. Ketika aku ingin membuka HP dan tidak ada, pikiranku sudah kemana-mana. Bahkan aku sudah mengira kalau aku akan kehilangan.

Aku berusaha mencarinya, tidak ada juga. Sebuah penyesalan datang. Kenapa aku tadi tidak mengunci pintu dan membawa HP ku. Kalau saja aku melakukan itu, pasti tidak ada kejadian begini. Lalu, aku menceritakan kepada kedua temanku. Mereka malah mengisahkan cerita pilunya saat sedang kehilangan. Mulai dari kehilangan HP, laptop, dompet, sampai motor dengan kronologi kejadian yang bermacam-macam, serta sikon yang sangat tidak tepat. Aku juga ikut bercerita ketika aku pernah kehilangan dan kuceritakan juga kisah teman kosku dulu yang punya cerita memilukan tentang kehilangan.

Ternyata temanku tersebut yang sedang berkompromi untuk mengambil, agar aku panik. Duuuhhhh. Baru setelah panik, ia mengembalikannya. Syukurlah, kehilangan ini hanya sandiwara belaka. Tapi, terimakasih sudah mengingatkanku tentang kehati-hatian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...