Selasa, 31 Januari 2017

TERAPI MEMBACA



Tetiba saya ingin menuliskan tentang judul diatas. Namun jangan salah memaknai judulnya ya, karena dalam tulisan ini, saya tidak memberikan penjelasan tentang terapi membaca. Tidak! Tetapi, aku tiba-tiba teringat dengan salah satu tugas mata kuliah reading yang dosenku berikan waktu saya duduk di bangku kuliah semester dua. 

Saya ingat sekali bahwa dosen reading saya, Maam Rere waktu itu pernah memberikan treatment tentang membaca yang cukup amazing dan challenging bagi saya. Tugas itu diberikan untuk mendorong kebiasaan membaca kami dengan meminta rutin membaca selama 21 hari, namanya adalah “21-days program to build the reading habit”

Sebagai bukti kita benar-benar membaca atau tidak, beliau memberikan format laporannya kepada kami, namanya "reading log". Di dalamnya ada kolom-kolom yang harus diisi setelah membaca. Jadi setiap hari, selama 21 hari itu harus menuliskan laporannya terhadap bacaan yang telah dibaca. Kegiatan tersebut untuk memenuhi tugas akhir perkuliahan di semester 2. 

Kami bebas memilih bahan bacaannya, sesuka hati. Setelah membaca, tugas kami adalah harus menuliskan laporan membacanya; mulai dari tanggal membaca, waktu mulai dan selesai membaca, bacaan yang dibaca, hasil dari membaca, dan kata-kata sulit. Sebagai orang yang tidak hobi membaca, sungguh tugas seperti ini terasa sangat berat untuk saya lakukan. 

Karena ini tugas dan kalau tidak mengerjakan pastinya kurang pas, maka saya kerjakan sesuai prosedur yang diberikan. Menysisihkan waktu membaca selama 10 menit hingga 30 menit setiap hari kulakukan. Waktu tersebut sebenarnya tidaklah lama, karena tidak sekedar membaca saja, tetapi juga harus memahami bacaannya. Salah satunya dengan cara menterjemahkan kata-kata sulit dari bacaan itu agar bisa neyambung apa isi di dalamnya. 21 hari bukanlah waktu yang singkat untuk melatih kebiasaan membaca kami, bahkan terasa sangat lama. 

Selama 21 hari tersebut, aku sangat antusias untuk mencari bahan bacaan yang kubaca. Aku sangat tertantang untuk menyelesaikan tugas ini. Menjadi sebuah kebanggaan tersendiri karena pada kesempatan ini aku bisa menyelesaikan beberapa buku bacaan untuk yang PERTAMA KALINYA, berbahasa Inggris lagi. Ada novel “Alice in Wonderland”, “The Woodlanders”, “The Elves and Shoemaker”, dan “The Enchanted April”. Jujur, saya tidak melakukan hal ini sebelumnya. 

Selain novel juga beberapa buku cerita anak dan artikel. Dari tugas ini, memang semangat membacaku mulai muncul, karena merasa tertantang untuk mencari bahan bacaan lalu dibaca dan selanjutnya mengisi kolom-kolom yang disediakan. Sungguh ketika semua kolom sudah berhasil terisi rasanya sesuatu banget. Dan saya merasakan manfaatnya hingga kini. 

*Dari catatn facebook (Pare, 07/01/2017)

1 komentar:

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...