Sabtu, 28 November 2015

Seni Membaca Novel “Nyanyian dibawah Hujan”



         Sepertinya sangat cocok sekali jika di penghujung Bulan November ini saya membaca novel saya yang berjudul “Nyanyian dibawah Hujan”. Novel ini menceritakan tentang kegalauan Ghita (tokoh utama) pada bulan November, kesedihan dan kehilangan kerap menghampirinya di Bulan November. Tak Salah juga jika saya membaca novel ini juga pada Bulan November.
Sebenarnya novel ini sudah lama saya miliki, kurang lebih tiga bulan yang lalu sebagai hadiah ketika saya membeli satu paket buku. Saya akan menyelesaikan untuk membacanya di penghujung bulan November ini.
          Jujur, cerita dalam novel ini lumayan susah untuk saya pahami. Penulis mengambil setting cerita di luar negeri (Milan, Italia). Karena belum familiar dengan tempat-tempat yang dipakai oleh penulis, kadang saya sulit memahami perannya. Ada seni ketika saya membaca novel ini; diantaranya saya harus siap balpoin di tangan untuk menggaris bawahi point-point yang di ceritakan penulis, kalau tidak seperti itu saya akan lupa alur ceritanya. Selain itu, saya juga harus memberi keterangan pada penokohan agar saya juga mudah mengingat ceritanya.

Seperti apa yang saya lakukan di halaman 15 ini. Di halaman sebelumnya saya belum paham jika nonna adalah nenek Ghita . Ketika sampai di halaman 15, saya menemukan ungkapan ini “Hanya surat wasiat nonna yang menjadi kekuatanku untuk bertahan dan berani kembali ke negeri kelahiranku ini”. Saya menggaris bawahi kata-kata ini, karena masih menjadi tanda tanya besar. Dan setelah saya buka halaman berikutnya, saya menemukan jawabannya. Di halaman tersebut tertuliskan surat wasiat dari nenek untuk cucunya yaitu Ghita. Setelah membaca surat tersebut,  saya bisa memberi kesimpulan bahwa Nonna berperan sebagai nenek Ghita, seseorang yang membuat Ghita termotivasi untuk memperjuangkan mimpinya menjadi pemain opera, dan masih banyak lagi tokoh-tokoh lainya yang saya belum ketahui identitasnya, karena memang belum selesai membacanya. Let's enjoy the book ^__^


Songkhla, South Thailand
Sunday, 29-11-2015


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...