Selasa, 20 Januari 2015

Secuil Kisahku di Dunia Blogging



Tulisan saya ini tentang curhatan saya di dunia blogging

NGE-BLOG… sepotong kata ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Sebenarnya saya mulai mendengar kata ini sudah sejak masih muda dulu, he e. Pada jaman saya SMA, kata itu sudah familiar karena sudah dimasukkan dalam materi pelajaran TIK. Meskipun begitu, pada waktu itu saya tidak ngeh tentang hal yang beginian karena kan belum tahu apa-apa tentang masalah blog ini, fungsinya untuk apa juga belum tahu. Ya mungkin bisa di katakana hanya sebatas cerita dari guru yang saya belum ketahui kenyataan-nya seperti apa. Maklum sekolah di desa masih belum nge trend dengan yang satu ini, apalagi untuk praktek nya kan harus tersambung dengan WiFi, jadi mau tidak mau harus nunggu WiFi-nya di pasang dulu. Hmmm. Dalam benak saya pada waktu itu ngeblog adalah aktivitas yang sangat sulit dan hanya bisa di lakukan oleh orang-orang tertentu saja. Pada waktu itu facebook masih menjadi trending topic, layaknya menjadi hal keren banget. Semua teman-teman berlomba lomba untuk menuliskan kabarnya yang sedang mereka alami, entah itu sedang sedih, senang, ataupun status mereka yang bepacaran, bertunangan hingga yang putus di dalam dunia online tersebut. 

Awal tahun 2014 saya mulai penasaran dengan adanya blog …. Karena fasilitas pun juga sudah memadai, dengan adanya fasilitas internet di kampus sehingga bisa dengan leluasa iseng untuk membuat akun blog ini. Dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah di sediakan oleh mbah gugel, saya pun mengikuti langkah demi langkah tersebut dengan sabar. Karena tidak tahu pasti itu nanti jadinya bagaimana, sayapun asal coba dalam melakukannya, tapi yang pasti akhirnya jadi. Dan jadilah blog saya. Dengan memiliki blog artinya saya tidak lagi hanya menikmati apa yang sudah tersedia di Internet tetapi saya sekarang bisa menjadi seseorang yang ikut serta atau pelakunya…tidak lagi hanya sebagai konsumen saja, tetapi juga menjadi producer/maker. Karena tanggung jawab kita sebagai blogger adalah producer/maker, mau tidak mau kita harus menghasilkan sesuatu. 
 
Ngeblog menurut saya identik dengan produce a writing, menghasilkan suatu tulisan. Tulisan itu bisa berupa apapun, kita bebas mengungkapkan apa yang kita bahas dalam blog kita, bisa ilmu pengetahuan, pengalaman pribadi, curahan isi hati, kisah nyata, maupun kisah-kisah yang lain, tidak terikat dengan aturan. Sebagai percobaan, tulisan pertama kali yang saya posting adalah tentang tugas kuliah berbahasa inggris. Menurutku pada saat itu blog harus di isi dengan sesuatu yang berbau pendidikan dengan kualitas bahasa yang bagus. Sehingga saat itu saya enggan untuk mem posting cerita-cerita pribadi seperti ini…apa boleh buat tugas kuliah saya buat percobaannya….. Tapi untungnya dua minggu berikutnya ada dosen saya yang memberikan pencerahan kepada kami tentang dunia ngeblog ini. Apapun bentuknya tulisan bisa di masukkan di dalam blog, tuliskan saja apa yang ada dalam otak, keluarkan semua uneg-uneg itu dalam bentuk tulisan, jangan pedulikan kualitas bahasanya. Mulai saat itu saya mengisi blog saya sesuai dengan apa yang ada dalam isi hati saya. Meskipun sudah tahu seperti itu, tapi kadang saya masih meragukan akan tulisan yang saya tulis itu. Pantaskah tulisan ini di posting? Tapi tak apalah, kan masih belajar, tidak merugikan orang lain juga…. Yang penting kan nulis, , ssssahhh. 

Saya mencoba membuka kamus untuk mengetahui apa sebenarnya arti blog itu….ternyata sangat benar jika kita menulis di blog itu sesuai dengan curahan isi hati kita. Berdasarkan kamus Cambridge, Blog itu berarti “A DIARY= regular record of your thoughts, opinions and experiences) that you put on the Internet for other people to read. Jadi tidak ragu lagi saat mem posting  apa yang ada pada isi hati kita ke dunia bergengsi ini. Mungkin saat kita galau never ending, blogging bisa menjadi solusinya. Asyyeekk

Saya akui aktifitas nge blog ini suatu aktivitas yang bergengsi di dunia online, karena kalau di lihat dunia online yang lainnya seperti FB, whatshap, twitter itu menjadi hal yang biasa, bahkan hampir semua orang mulai anak SD hingga neneknya anak SD punya akun tersebut, beda dengan ngeblog ini. Saja jadikan akun blog ini sebagai sarana hiburan, jadi saya lakukan bukan dalam keadaan terpaksa…saya buat senyaman mungkin dalam melakukannya, kadang saya lakukan sambil tiduran, setelah bangun tidur..dan semau saya,,
Banyak sekali manfaat yang saya rasakan selama menjadi blogger ini, diantaranya Entah kenapa ada rasa kepuasan tersendiri saat saya bisa memposting tulisan yang telah saya buat. Pernah suatu ketika saya iseng dengan menulis di pencarian google dengan kata kunci yang sesuai dengan tulisan saya, dan saat itu munculah tulisan saya, rasanya senang sekali … semoga ada orang yang tertarik dan penasaran untuk membukannya sehingga bisa bermanfaat bagi mereka, he e e meskipun saya akui masih jauh dari tulisan yang sebenarnya. 

Karena masih tergolong awam dalam dunia tulis menulis, kadang ide itu tidak selalu muncul setiap hari untuk saya posting. Saat hari-hari itu tidak ada tulisan yang baru di blog, berarti memang saat itu tidak ada pemikiran untuk di jadikan bahan postingan, jadinya bingung mau nulis apa? Saat seperti ini ya tulis aja hal hal apa yang membuat kamu bingung, gubrakkk. He e. Sangat cocok memang blog ini di gunakan untuk ajang belajar menulis, bisa merangsang adrenalin kita untuk menulis…misalnya setelah ngeposting ini besuk aku mau posting apaan yaa?? Dengan rasa penasaran itu, saya kadang-kadang ada kemauan untuk mencari ide tersebut dengan membaca buku atau yang lebih sering dengan membaca blog orang lain. Selain itu blog juga bisa dijadikan sebagai perpustakaan online kita….ketika ada blog orang lain yang asyik untuk di baca, tidak perlu lagi copas satu persatu atau menyimpan hal tersebut. Cukup dengan menambahkan alamat blog nya ke dalam daftar bacaan di blog kita, maka akan secara otomatis bacaan yang mereka posting sudah menjadi dokumen bacaan kita...asyiik. Mungkin yang terakhir, kita bisa punya teman baru disini, dengan sesama blogger yang saling sharing tentang isi pikiran nya …. Kita bisa bebas berkomentar disana,,, ketika komentar itu ditanggapi, secara tidak langsung kita sudah berkomunikasi dengan orang tersebut,,righttt . Dan saya yakin masih banyak lagi manfaat-manfaat ngeblog ini yang masih belum bisa saya sebutkan…

HAPPY BLOGGING……GOOD NIGHT……HAVE A NICE DREAM










1 komentar:

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...