Jumat, 25 April 2014

Nenekku Pahlawanku

      Nenek adalah emak dari ibu atau bapak, biasa kita memanggilnya dengan Si-Mbah (dlm Bhs Jawa). Sekarang……..Apa yang ada dalam pikiran anda tentang sosok seorang nenek ini? Tidak sedikit orang yang mengatakan bahwa sosok nenek adalah seseorang  yang identik dengan cerewet, dan ingin tahu banget (KEPO istilah kerennya), tanpa terkecuali saya sendiri. Saya menganggap nenek adalah sosok yang cerewet karena apapun yang saya lakuin pasti ada coment-nya, ini salah itu salah…..jadi serba salah dech, selain itu jika ia sudah waktunya ngomong bisa sampai berkilo-kilo panjangya. Dan kalau hal itu terjadi saat mood sedang tidak baik bisa membikin telinga jadi panas.
      Sebenarnya, dibalik sosok nenek yang seperti itu ada suatu tujuan mulia yang ingin ia berikan kepada kita, ia hanya menginginkan untuk anak cucunya lebih baik dari-nya. Nenek telah merasakan bagaimana pahit manis dalam menjalankan kehidupan, ia lebih mengetahui akan hal itu. Maafkan kami nek….Begitu sering kami salah menilaimu, menilai nenek sebagai orang yang cerewet, padahal apa yang nenek utarakan itu adalah nasehat bagi kita, seperti yang wali band katakan. “Oh nenekku pahlawanku, pantang mundur nasehatiku". Mungkin salah penilaian ini terjadi karena ada perbedaan nilai-nilai antara jaman dulu dan sekarang sehingga membuat kita susah untuk memiliki pandangan yang sama. 
      Ternyata kecerewetan nenek selama ini telah turut menjaga diri ku. Engkau juga telah menjadi ibu bagi ibuku, dari dirimulah lahir seorang ibu yang begitu sempurna dalam hidupku. Terima kasih nenek…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...