Kamis, 07 Desember 2017

KORBAN SERANGGA MISTERIUS

Minggu yang lalu hujan turun sangat deras dengan jangka waktu yang lama. Pipa saluran air yang terpasang kurang tepat membuat aliran air jadi terhambat. Air hujan meluap dan akhirnya masuk ke rumah tanpa disadari. 

Banjir kecil terjadi. Bahkan pada saat air masuk ke kamar-kamar, belum juga disadari. Hingga seorang temanku tiba-tiba menyelamatkan kasurnya keluar. Malah kukira ia mau membersihkan kamar. Ternyata ada air masuk. Itu terjadi pada siang hari. Baru setelah itu sang pemilik rumah mencari penyebabnya dan ternyata ada pipa yang belum terpasang dengan baik.

Setelah banjir kecil itu terjadi, kami beres-beres hingga berjam-jam untuk mengeringkan lantai yang basah. Kasur-kasur yang sempat terendam air diselamatkan. Setelah pipa diperbaiki, air pun surut, meskipun hujan masih turun deras. 

Selepas kejadian tersebut, aku merasakan bahwa keadaan rumah menjadi lembab dan lebih dingin dari biasanya. Yang semula aman dari nyamuk, beberapa hari setelahnya nyamuk seakan membawa rombongannya. Setiap malam aku dan temanku selalu sibuk dengan keberadaan nyamuk-nyamuk tersebut. Lotion anti nyamuk kirannya sedikit bisa mengatasi. 

Beberapa hari setelahnya kami kena gatal-gatal. Kami yakin gatal itu karena gigitan nyamuk. Tapi biasanya ketika kena gigitan nyamuk, tak selang lama bentolnya akan hilang. Ini tidak. Yang gigitan lama belum pulih, gigitannya tambah lagi dan ruam. Aku dan temanku bingung. Ini bukan nyamuk biasa. 

Lalu, keesokan harinya aku pergi ke apotik. Aku bercerita kepada petugas apotik. Ia menyarankanku untuk memakai bedak salicyl. Aku pun menuruti. Namun, rasa gatal tak juga reda. Malah ketika rasa gatal itu digaruk akan lecet dan mengeluarkan air. Barulah yakin kalau gatal tersebut bukan karena gigitan nyamuk.

Aku sengaja tidak ke dokter dulu, karena malas minum obat. Tengah malam, karena tidak bisa tidur, aku membuka laptop dan mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang serangga. Jenis-jenis serangga yang bisa menggigit kulit manusia. Setelah mendapatkan infonya, lalu aku mencocokkan gejala dan akibatnya. Ada beberapa nama serangga yang kucurigai. Namun, aku pun belum menemukan bentuk pasti serangga tersebut. 

Hari berikutnya, aku dan temanku bekerja bakti bersihkan kamar. Bisa jadi kasur yang sempat terendam air belum sepenuhnya kering. Kami menjemur lagi. Syukurlah, beberapa hari terakhir ini udara siang sangat panas, jadi bisa kering dengan sempurna. Dan benar, serangga misterius tersebut hilang dengan sendirinya. Buktinya, setelah dijemur dan tidak hujan, gatal-gatal itu tak muncul lagi. Lengan dan kaki yang menjadi korban serangga nakal pun, sedikit demi sedikit mulai pulih.

Top of Form
Bottom of Form


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...