Kamis, 30 Maret 2017

English Program di SMAN 1 SALEM, BREBES



Program Fun English Learning (A Half Day English Program) dimulai pada Sabtu (11/3) di SMAN 1 Salem, Brebes, Jawa Tengah. Sekitar 75 siswa yang akan bergabung. Memang sekolah tidak mewajibkan semua siswanya untuk ikut. Mereka yang bergabung adalah siswa yang bersedia dan punya keinginan, serta niat yang kuat untuk mengikuti program ini. Jadi, mereka belajar tanpa ada paksaan. Salut dengan mereka. Dan saya ucapkan selamat datang di program kami buat mereka yang hari ini sudah menyempatkan waktunya untuk bergabung. 

Dengan segenap ilmu yang saya miliki, saya mencoba perlahan untuk belajar berbagi ilmu dengan mereka. Yang pasti, saya pun akan banyak belajar dari mereka juga. Ya, kita belajar bersama-sama. Hari ini saya merasakan sebuah awal yang indah. Kedatangan kami disambut sangat antusias oleh mereka, baik dari pihak guru maupun siswa. Semoga program ini berjalan dengan lancar dan sukses.

Untuk pertemuan awal ini kami masih membuat kelas besar. Semua siswa berkumpul dalam satu tempat. Mungkin untuk hari ini dan besok saja. Hari selanjutnya kelas akan dibagi menjadi tiga kelas dengan jumlah siswa per kelasnya sekitar 25 siswa. Hari ini kami mengadakan perkenalan terlebih dahulu. Kami memanjakan mereka dengan aneka energizer dan ice breaker untuk membuat mereka senang dan nyaman. Apalagi partner saya termasuk tutor yang sangat konyol, suasana kelas pun menjadi kian seru saja

Selain perkenalan, kami juga mengadakan pre test yang sekaligus placement test untuk menentukan kelas mereka. Satu anak mendapat satu lembar kertas HVS kosong. Selama 15 menit, mereka menuliskan pengalamannya Berbahasa Inggris. Temanya bebas, bisa pengalaman menyedihkan, menyenangkan, menakutkan, atau yang lain.

Yang terakhir kami adakan interview kecil-kecilan untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan mereka dalam hal speaking. Pertanyaannya pun juga sederhana, namun mereka harus berusaha menjawabnya dengan Bahasa Inggris. Ya, pre test ini semata-semata dilakukan agar di akhir pertemuan nanti kami bisa mudah mengetahui perkembangan mereka.

The first Meeting

Brebes, 11-03-2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...