Kamis, 30 Maret 2017

Catatan Perjalanan bersama Kereta Malam



Terik matahari yang cukup menyengat mengantar perjalananku bersama salah seorang temanku dari Pare menuju Jombang. Memang cuaca hari ini panasnya cukup bersahabat apalagi kami berangkat tepat tengah hari. Panas pun makin menjadi-jadi. Setelah menempuh perjalanan kurang lebih 45 menit, kami sampai di stasiun Jombang. Dari sinilah perjalanan kami bermula. Meskipun baru sekali kesana, lokasinya ternyata sangat mudah dijangkau.

Kali ini kami akan menuju ke sebuah kota yang sepertinya sangat luar biasa. Konon kota ini disebut juga kota bawang dan telur asin. Yups, benar...Brebes. Senang sekali tentunya mendapat kesempatan meninggalkan jejak di kota ini. Selama satu bulan ke depan, kami akan tinggal disana. Bukan tanpa alasan kami pergi. Tempat tujuan kami adalah SMAN Salem, Brebes. Kami berdua diberi kesempatan untuk mengisi kelas Bahasa disana. 

Dan, kereta api Gaya Baru Malam adalah teman perjalanan kami. Seperti yang tertulis di tiket kereta, perjalanan kesana akan memakan waktu sekitar 8 jam, lumayan lama ternyata. Meskipun kereta yang kami naiki kelas ekonomi, tapi bagi saya sangat nyaman. Kiranya betah saja. Ini kan bukan kereta tanpa jendela. Jendela plus kacanya lengkap hehe. Kereta tanpa jendela adalah sebutan yang saya berikan untuk kereta api yang pernah saya naiki ketika di Thailand. Karena memang tidak ada jendelanya. Saat itulah kali terakhir saya naik kereta. 

Untuk mensiasati perjalanan yang cukup lama ini, kiranya segala sesuatunya sudah saya siapkan baik-baik. Karena tadi masih ada waktu menunggu setengah jam, kami sholat Dhuhur terlebih dahulu sekalian menjamak ' asar. Bekal makan pun tidak lupa. Kami membawa bungkusan nasi untuk bekal makan di kereta. Makanan di kereta mahal hehe. Yang juga tidak kalah penting adalah buku bacaan. Saya keluarkan satu buku bacaan dari dalam tas untuk saya niatkan dibaca kala jenuh tiba. 

Kereta Malam Gaya Baru, 09-03-2017
*) Copy tulisan dari akun FB: Eka Sutarmi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...