Kamis, 30 Maret 2017

ADA SERPIHAN SURGA DI UJUNG BARAT JAWA TENGAH



Tidak seperti yang kukira sebelumnya, aku bakal menyaksikan kemacetan di setiap pagi tiba. Seperti layaknya di kota-kota pada umumnya. Pemandangan ala pedesaan tidak bisa kusaksikan lagi di tempat ini. Jika pergi ke luar kota tempat tinggalku, memang yang ada dalam bayangku adalah hiruk-pikuk suasana kota.

Entah kenapa? Mungkin karena tempat tinggalku di desa, jauh dari pusat kebisingan kendaraan, sehingga aku menganggap bahwa semua tempat yang lebih jauh dari tempat tinggalku adalah kota.

Ternyata perkiraanku salah. Suasana kota yang mayoritas penduduknya bersuku sunda ini masih sangat asri. Foto itu adalah gambaran kecilnya. Pemandangan tersebut kumbil saat pulang pulang sekolah tadi sore.

Aku mengambil gambarnya dari jalan yang kulewati ke sekolah. Dari tempat tersebut aku bisa menyaksikan pemandangan ala pedesaan yang sangat indah dan asri. Apalagi ketika pagi hari, pemandangannya sangat keren. Aku suka menikmati indahnya pagi disini. 

Hamparan terasering persawahan masih sangat mudah dijumpai disini. Pemandangan padi yang masih hijau dan padi yang mulai menguning seakan bisa disaksikan kapan saja, tidak akan pernah ada habisnya.

Setiap harinya aku juga masih bisa menyaksikan ritual pagi para petani yang berangkat ke sawah, lalu pulangnya aku menjumpai mereka membawa rumput dani kayu bakar. Banyak juga penduduk lokal yang menghabiskan aktivitas hariannya di sungai. Mereka mencari batu untuk dibuat meterial bangunan (koral), menambang pasir, dll.

Pemandangan indah pematang sawah hingga pohon-pohon hijau yang menari disapu sinar matahari pun memanjakan mata setiap harinya. Sungai yang membelah area persawahan dengan gemericik aliran airnya, serta gunung yang menjulang tinggi kiranya menjadi perpaduan yang pas.

Bagiku memang menyaksikan pemandangan alam itu tidak membosankan, bahkan bisa menjadi mood booster atau penyemangat suasana hati yang kadang tidak bersahabat. Seakan bukan menjadi sesuatu yang berlebihan ketika aku menyebutnya “Ada Serpihan Surga di Ujung Barat Jawa Tengah” ini.
 
Alam yang begitu damai
Ada jejak cerita dari Kota Bawang,

14 Maret 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

UJIAN KESABARAN: RESEP SEMBUH PENDERITA HIPERTIROID

Oleh: Eka Sutarmi Periksa rutin ke dokter saya lakoni sejak saya mengetahui penyakit tiroid yang menyerang organ tubuh saya. Tepatnya 6 Ju...